Konselorsebaya.com, Tempat Curhat Para Remaja Berbasis Online

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Laporan: Imam

MUDANews.com, Medan (Sumut) – Konselor sebaya merupakan salah satu sarana untuk melakukan pencegahan dan mengatasi masalah pada remaja. Dalam hal ini, kontribusi dari seluruh pihak sangat diperlukan, tidak hanya dari sudut remaja saja. Dan saat ini telah muncul sebuah situs konselor sebaya yaitu www.konselorsebaya.com.

“Situs berbasis online ini telah diluncurkan pada tahun 2016 kemarin di Universitas Negeri Medan,” ujar penggagas situs tersebut, Prof. Dr. Rosmala Dewi, M.Pd.Kons, Kamis (9/2)

Menurut Rosmala situs ini hadir dengan harapan dapat menjadi sarana bagi para remaja dalam menuangkan berbagai macam problema, baik dalam hal akademis, keluarga, sampai dengan romantika kehidupan pribadi. Artinya dengan hadirnya situs ini para remaja dapat curhat kapan saja dan dimana saja tanpa harus bertatap muka dengan sang konselor. Selain itu klien dapat memilih dengan konselor mana ia akan konseling dengan cara mengklik foto konselor yang ada pada situs ini. Dan kesemua konselor merupakan remaja berumur 18-25 tahun.

Dijelaskannya bahwa metode ini lebih memudahkan para remaja dalam mengatasi masalah yang dihadapinya, tingkat kerahasiaan dan tingkat kenyamanan yang tinggi pun akan tercipta melalui metode ini karena faktor teman sebaya memberikan efek tersendiri bagi para remaja untuk berkeluh kesah dan hal itu lebih memudahkan berlangsungnya proses konseling

“Kemarin kita telah memberikan pelatihan kepada mahasiswa untuk dikader menjadi konselor sebaya, ada sekitar 150 orang mahasiswa yang mayoritasnya merupakan mahasiswa Bimbingan Konseling Unimed yang kita beri keterampilan khusus untuk menjadi konselor pada situs ini, kemarin situs ini lebih banyak dipergunakan untuk mahasiswa Unimed saja, karena hanya masih disosialisasikan di Universitas Negeri Medan saja. Namun kedepan kita memberikan kesempatan kepada seluruh pihak yang ingin turut andil dalam mengembangkan program ini. Karena sudah selayaknya kita di tengah-tengah berkembangnya zaman memperhatikan kondisi remaja sebab mereka adalah para generasi penerus bangsa,” ungkap Rosmala.

Dari awal 2017 hingga saat ini situs masih saya tutup sementara dan direncanakan akan dibuka kembali pekan depan, kata Rosmala kepada MUDANews.com.

Saat ini konselorsebaya.com membutuhkan sekitar 50 orang relawan remaja yang ingin menjadi konselor sebaya, dan kesemuanya itu direncanakan akan diberikan pelatihan pada Bulan April-Mei 2017 mendatang. Jadi bagi para remaja atau mahasiswa khususnya yang berada di Kota Medan yang hendak bergabung menjadi relawan konselor sebaya dapat mengunjungi situs www.konselorsebaya.com dan menghubungi kontak yang tertera pada situs tersebut.[jo]

- Advertisement -

Berita Terkini