Rendahnya Pemahaman Masyarakat Terhadap Asuransi

Rendahnya Pemahaman Masyarakat Terhadap Asuransi
Delima Al-Fauziah Siregar

MUDANEWS.COM, Medan – Saat ini masih banyak sekali masyarakat di Indonesia yang belum memahami mengenai asuransi. Rendahnya pemahaman mengenai asuransi membuat dunia perasuransian kurang diminati. Karena pada dasarnya masyarakat masih takut tertipu oleh asuransi, padahal asuransi justru memberi perlindungan. Bahkan masih banyak masyarakat yang kurang pemahaman mendasar mengenai pengertian asuransi.

Defenisi asuransi yaitu adalah Perjanjian antara penanggung dan tertanggung, yang mewajibkan tertanggung membayar sejumlah premi untuk memberikan penggantian atas risiko kerugian, kerusakan, kematian, atau kehilangan keuntungan yang diharapkan, yang mungkin akan diderita karena suatu peristiwa yang tidak terduga (insurance).

Manfaat Asuransi

Berikut ini adalah manfaat yang akan didapat oleh pendaftaran asuransi yang akan di dapatkan secara umum atau keseluruhan.

1. Asuransi memberikan rasa aman dan perlindungan.

Dengan memiliki polis asuransi, kita akan terhindar dari kemungkinan risiko kerugian di kemudian hari. Dengan begitu maka hati akan tenang karena objek yaansikan, seperti kesehatan, jiwa, atau harta benda, telah dijamin oleh penanggung yaitu perusahaan asuransi.

2. Sebagai Investasi dan Tabungan

Dengan mendaftarkan diri sebagai nasabah pemegang polis di suatu penyedia layanan jasa asuransi, kita akan mendapatkan jaminan pengembalian investasi pada akhir kontrak. Asuransi yang diperuntukkan investasi juga memberikan kelonggaran dan fleksibilitas dalam memilih masa pertanggungan.

3. Asuransi bisa memberikan kepastian

Ini merupakan manfaat utama asuransi, karena pada dasarnya asuransi berusaha untuk mengurangi konsekuensi yang tidak pasti dari suatu keadaan yang merugikan (peril), yang sudah diperkirakan sebelumnya. Dengan begitu maka biaya atau akibat finansial dari kerugian tersebut menjadi pasti atau relatif pasti.

4. Asuransi menjadi sarana menabung.

Untuk asuransi jenis tertentu, uang yang diasuransikan memiliki nilai tunai yang dapat diambil, yaitu seperti pada asuransi jiwa whole life atau endowment. Ada pula produk asuransi yang sengaja digabungkan dengan investasi, yaitu asuransi unit link.

5. Asuransi menjadi instrumen pengalihan dan penyebaran risiko.

Dengan memiliki asuransi maka kemungkinan timbul risiko kerugian dapat dialihkan dan disebarkan kepada pihak penanggung.

6. Asuransi membantu meningkatkan kegiatan usaha tertanggung.

Dengan asuransi maka minat usaha masyarakat akan meningkat, mengapa karena masyarakat akan lebih suka berinvestasi pada suatu bidang usaha tertentu jika sebagian risiko investasi dari bisnis tersebut dapat ditutup oleh asuransi.

7. Asuransi memberikan ketenangan

Asuransi bisa membuat hidup lebih tenang karena segala risiko yang dapat diasuransikan telah ada yang menanggung, maka hidup terasa lebih tenang dan penuh semangat.

8.Asuransi bisa jadi jaminan kredit.

Polis asuransi dapat dijadikan sebagai jaminan kredit (insurance server as a basis of credit). Hanya saja biasanya jaminan kredit polis asuransi hanya untuk asuransi jiwa dan sangat selektif pada jenis kredit dan bank tertentu.

Penulis : Delima Al-Fauziah Siregar (Mahasiswi Jurusan Asuransi Syariah)