Jembatan Sei Wampu Langkat Telah Dibuka untuk Mudik Lebaran 2023

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Langkat – Pembukaan Jembatan Sei Wampu Kecamatan Stabat disambut gembira oleh warga, Senin (17/4/2023). Para pengendara sudah bisa melalui jembatan tersebut untuk mudik lebaran atau Idul Fitri 1444 H.

Pembukaan jembatan itu dihadiri Gubernur Sumut Edy Rahmayadi, Kasdam I/BB Brigjen TNI Rifky Nawawi, Kapolda Sumut Irjen RZ Panca Putra Simanjuntak, Plt Bupati Langkat H Syah Afandin SH, AKBP Faisal Rahmat Husein Simatupang, Waka Polres Langkat Kompol Hendri Nupia Dinka Barus SH SIK MM, PKK Kementerian PUPR Munawar didampingi stakeholder yakni Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional Sumatera Utara (BBPJN Sumut) Brawijaya, Direktur cabang Medan PT. Duta Mas Indah Budiman Napitupulu dan Ketua MUI Langkat H Zulkifl Ahmad Dian Lc MA.

Jembatan Sei Wampu
Gubernur Sumut Edy Rahmayadi, Perwakilan Pangdam, Kapolda Sumut Irjen Pol Panca Putra, Plt Bupati Langkat H Syah Afandin (Foto: mudanews.com/Arda)

Hingga berita ini diterbitkan, pantauan mudanews.com acara pembukaan masih berlangsung.

Sebelumnya diberitakan, Plt Bupati Langkat Syah Afandin mengetahui hanya ada 3 jembatan yang seperti ini di Indonesia yakni di Kalimantan, Papua dan Kabupaten Langkat. “Saya bangga dan berikan apresiasi kepada Kementerian PUPR, yang insya Allah Idul Fitri 1444 H sudah bisa dipergunakan untuk jalur dari arah Medan menuju Aceh,” ujarnya, Sabtu (8/4/2023).

“Kita lihat bangunannya cukup bagus, kokoh, dan juga di sediakan jalur pejalan kaki. Terima kasih saya ucapkan kepada bapak Presiden Ir Joko Widodo yang secara khusus memberikan atensinya atas pembangunan jembatan ini,” ucapnya lagi.

“Saya telah melakukan pengecekan lokasi Jembatan Sei Wampu yang sangat strategis karena jembatan ini merupakan penghubung Provinsi Sumut dan Provinsi Aceh. Semoga dengan adanya jembatan baru ini dapat menyelesaikan permasalahan saat ini yaitu kemacetan pada saat lebaran dan tahun baru,” kata Kapolda Sumut saat pengecekan, Rabu (12/04).

Kapolda Sumut Irjen Pol Drs RZ Panca Putra S telah mengecek jambatan penghubung antara Provinsi Aceh dan Sumut. Sesuai keterangan dari pihak BBPJN Sumut, pihak kontraktor dan Pemda Langkat bahwa jembatan sudah dapat dioperasikan sebelum lebaran.

“Adanya penyempitan jalan pada ujung Jembatan Sei Wampu yang akan membuat kemacetan arus mudik lebaran Idul Fitri 1444 H di Jembatan Wampu Kecamatan Stabat dan telah dikoordinasikan kepada pihak BBPJN dan pemborong agar secepatnya dilakukan pelebaran jalan,” tegas Irjen Panca.

Secara umum sarana dan prasarana jalan Sumut masih dalam keadaan aman dan baik. “Saya harapkan kepada masyarakat agar mematuhi lalu lintas dan dapat beristirahat pada tempat-tempat yang telah disiapkan,” lanjut Kapolda.

“Agar jembatan Wampu yang baru ini kita dapat kita jaga bersama, jangan sampai ada pencurian besi dalam pembangunan ini karena dapat merusak jembatan tersebut,” kata Kapolda Sumut Irjen Panca. (Arda)

- Advertisement -

Berita Terkini