Pemprov Sumut Harus Perhatikan Petani Tembakau, DBH Cukai Rokok Saatnya Bisa Dinikmati Petani

Pemprov Sumut
Ketua DPD APTI Sumut Drs Tampak KT Ginting, Ketua APTI Kabupaten Deli Serdang 2021-2026 Hendra Gunawan Tarigan SSi, Sekretaris Arnold P Manurung, Bendahara Yasser Subroto Ginting SP saat foto bersama usai Muscab

MUDANEWS.COM, Deli Serdang – Dalam rangka konsolidasi organisasi, Asiosasi Petani Tembakau Indonesia (APTI) Kabupaten Deli Serdang melaksanakan Musyawarah Cabang (Muscab). Muscab yang berlangsung Selasa (11/5/2021) bertempat di Cafe Abah Awak, Simpang Abadi, Tanjung Morawa sekaligus buka puasa bersama terlaksana secara sederhana.

Acara Muscab APTI Kabupaten Deli Serdang dipimpin langsung oleh Ketua DPD APTI Sumut Drs Tampak KT Ginting dan jajarannya. Dalam pidato pengantar pembukaan Muscab ini, Ketua APTI Sumut menuturkan secara nasional cukai pita rokok menyumbangkan pendapatan negara sebesar 174 Triliun di Tahun 2020 dan kembali ke Sumut dalam bentuk Dana Bagi Hasil (DBH) Sumut sebesar 1, 2 Triliun Rupiah.

“Namun di Sumut Dana Bagi Hasil dari tembakau itu tidak ada tampak untuk pembiayaan kepada petani tembakau. Jelas kita lihat sangat minim sekali program-program pelatihan dan pembinaan dari Pemprovsu terhadap petani tembakau yang tertampung di APBD SU 2021,” imbuhnya.

Dalam Muscab APTI Kabupaten Deli Serdang ini, terpilih sebagai Ketua APTI Kabupaten Deli Serdang 2021-2026 Hendra Gunawan Tarigan SSi, Sekretaris Arnold P Manurung, Bendahara Yasser Subroto Ginting SP dan dilengakapi pengurus lainnya.

Sementara Hendra G Tarigan, Ketua terpilih menyampaikan ucapan terima kasih atas kepercayaan para petani tembakau di Kabupaten Deli Serdang memilih beliau sebagai ketua.

“Semoga di kepengurusan periode ini, kita bisa menggalakkan kembali kejaayaan Tembakau Deli. Seperti kita ketahui, Tembakau Deli dalam sejarah pernah sebagai tembakau terbaik di dunia. Sehingga menjadi incaran banyak negara dan menguasai pasaran dunia di Bremen Jerman,” tuturnya.

Dalam rangka mewujudkannya ini, Hendra mengungkapkan akan segera beraudiensi ke Bupati Deli Serdang, Dinas Pertanian Deli Serdang dan DPRD Kabupaten Deli Serdang agar dapat memasukkan program-program pembinaan Petani Tembakau di APBD 2022.

“Serta akan mendorong PTPN 2 untuk kembali membudidayakan Kebun Tembakau di beberapa Afdelingnya serta mengaktifkan kembali Bangsal Tembakau yang ada di Hamparan Perak.

Usai acara Muscab, dilanjutakan buka puasa bersama sesama Petani Tembakau Deli Serdang. Hadir juga Ketua DPC APTI Kabupaten Deli Serdang 2015-2020, Sandi Riza dkk. (red)