Sempat Turun, Kabar Pajak Deviden Dihapuskan Buat IHSG Menguat

Pajak Deviden
Net/Ilustrasi

MUDANEWS.COM, Medan – Meski sempat mengalami penurunan pada sesi perdagangan pembukaan. IHSG pada akhirnya mampu ditutup menguat. Sejumlah bursa di Asia yang pada sesi perdagangan pagi melemah, juga terus mengalami penguatan selama transaksi berjalan. Hal inilah yang membuat IHSG juga turut menguat diperdagangan hari ini.

“IHSG ditutup naik 0.28% di level 6.376,76. Kinerja IHSG seirama dnegan bursa lainnya. Sementara itu, kinerja mata uang rupiah juga menguat cukup tajam pada perdagangan hari ini. Rupiah berhasil mengaut di bawah level 14.300 per US Dolar. Rupiah pada perdagangan hari ini ditutup di level 14.245 per US Dolar,” jelas Analis Pasar Keuangan Gunawan Benjamin di Medan, Sumatera Utara, Rabu (3/3/2021).

Faktor pendorong penguatan IHSG pada hari ini juga datang dari kabar mengenai pajak deviden. Dimana menteri keuangan memberikan relaksasi berupa pembebasan pajak penghasilan (PPh) atas dividen yang diterima oleh wajib pajak. Pembebasan pajak tersebut tentunya akan membuat deviden yang diterima menjadi lebih besar dibandingkan jika ada beban pajak.

“Namun ini hanya sentimen sesaat, saya menilai deviden ini akan menjadi kabar baik bagi pasar keuangan untuk waktu yang lama. Meski sempat menjadi kabar yang sulit dipastikan sebelumnya. Kabar pajak deviden yang sudah tertuang dalam peraturan menteri keuangan Nomor 18/PMK.03/2021 tersebut menjadi kabar baik bagi pasar saham di hari ini,” ujar Benjamin. (red)