Pemerintahan Kabupaten Ciamis, Launching Pencanangan Bumbung Pajak

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Ciamis – Tingkatkan Optimalisasi Penerimaan Pajak, seluruh Pemerintah Desa, dan warga masyarakat di Kecamatan Kawali, melakukan inovasi dengan Pencanangan Gerakan Bumbung PBB-P2, dan Pajak Kendaraan Bermotor (PKB).

Bumbung, merupakan bambu yang berisi uang hasil menabung, bentuknya sama seperti celengan. Gunanya, sebagai tempat menabung warga masyarakat untuk membayar PBB-P2, atau PKB.

Pelaksanaan Launching Pencanangan Bumbung, dilakukan di Aula Balai Desa Sindangsari, Kecamatan Kawali, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Kamis (06/08/2020).

Bupati Ciamis, Dr. H., Herdiat Sunarya, M.M., bersama unsur Forkopimda, dan Jajaran Pemerintahan Kabupaten Ciamis, ikut serta mengikuti kegiatan tersebut.

Bupati Ciamis, Dr., H., Herdiat Sunarya, MM., menyampaikan apresiasi dengan inovasi Bumbung Pajak, yang dilakukan oleh seluruh Pemerintah Desa, se-Kecamatan Kawali, dan warga masyarakatnya.

Dengan adanya gerakan Bumbung Pajak ini, maka pembayaran PBB-P2, dan PKB tidak akan terasa berat, dan dapat dilaksanakan tepat waktu.

“Terobosan yang dilakukan oleh Camat Kawali, beserta seluruh Pemerintah Desa, di Kawali, patut ditiru, dan diharapkan para Camat, dan Kades (Kuwu) lainnya ikut menerapkan inovasi tersebut,” ucapnya.

“Pemerintah Kabupaten Ciamis, sangat memerlukan partisipasi dari warga masyarakat Tatar Galuh. Salah satunya seperti pencanangan gerakan bumbung ini, hal tersebut sangat efektif guna mensukseskan optimalisasi penerimaan Pajak Daerah, dan Provinsi yang salah satunya PBB-P2 dan PKB,” tambah Herdiat.

Menurutnya, dengan adanya gerakan Bumbung PBB-P2, yang dikolaborasi dengan PKB, menjadi sebuah keseriusan warga masyarakat untuk membayar pajaknya.

“Dengan dicanangkannya program Bumbung tersebut menjadi bukti keseriusan, kepatuhan, dan kesadaran warga masyarakat juga,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Herdiat mengatakan pelaksanaan inovasi Bumbung Pajak yang dilakukan oleh Desa-Desa di Kecamatan Kawali, diharapkan bisa menjadi inspirasi bagi Kecamatan, dan Desa lainnya di Kabupaten Ciamis.

Bupati Ciamis, Dr. H., Herdiat Sunarya, M.M., bersama unsur Forkopimda
Bupati Ciamis, Dr. H., Herdiat Sunarya, M.M., menyerahkan hadiah

“Inovasi harus ditumbuhkan, namun tetap mempertimbangkan kondisi, atau karakter warga masyarakat di wilayahnya masing-masing,” tegasnya.

Dalam kesempatan tersebut Herdiat, menyampaikan terima kasih kepada seluruh warga masyarakat Kawali, yang telah mendukung program Pemerintah, melalui ketaatan membayar pajak tepat waktu.

“Saya berharap dengan inovasi gerakan Bumbung PBB-P2, dan PKB, mampu meningkatan penerimaan Pajak Daerah dengan tepat waktu,” terangnya.

Herdiat, menambahkan sebagai upaya untuk meningkatkan pelayanan pembayaran pajak.

Terdapat beberapa layanan untuk memudahkan pembayaran salah satunya dengan fasilitas BJB seperti BJB DIGI, ATM BJB. seperti di Indomaret, Alfamart dan Bukalapak. Untuk lebih memudahkan lagi Pemerintah telah menyediakan pelayanan pembayaran melalui layanan mobil keliling yang dapat menjangkau setiap Desa.

“Mudah-mudahan dengan adanya layanan mobil pajak keliling, saudara-saudara yang membutuhkan layanan terkait PBB-P2, dan Pajak Daerah lainnya tidak harus jauh-jauh datang ke di pusat kota. Mobil layanan pajak ini beroperasi berbarengan dengan mobil Samsat keliling dengan slogan bayarlah Pajaknya dan awasi penggunaanya,” pungkasnya. Berita Ciamis, BQ

- Advertisement -

Berita Terkini