Gelorakan Semangat Perjuangan
Foto: Para undangan melihat koleksi yang ada di Museum Negeri Sumatera Utara.

MUDANEWS.COM, Medan – Memperingati hari ulang tahun (HUT) kemerdekaan Republik Indonesia ke-72, Museum Sumatera Utara, mengadakan acara pameran sejarah perjuangan Bangsa.

Pameran bertemakan “Semangat Persatuan Rakyat Sumatera Utara Dalam Mencapai dan Mempertahankan Kemerdekaan”. Pameran diadakan di lantai dua Museum Sumatera Utara, Jalan HM. Joni, Medan, Sumatera Utara. Pameran resmi dibuka pada hari Selasa (29/8/2017) sampai dengan Jumat (29/9/2017) mendatang.

“Pemeran ini merupakan kegiatan yang rutin dilaksanakan setiap tahunnya, oleh Museum Negeri Sumatera Utara. Dan pameran ini merupakan rangkaian kegiatan guna memperingati hari ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia,” kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumatera Utara, Elisa Marbun dalam kata sambutannya mewakili Gubernur Sumatera Utara Tengku Harry Nuradi.

Elisa Marbun juga menjelaskan, pameran ini bermaksud untuk memfasilitasi ruang, waktu, dan tempat bagi berlangsungnya kegiatan kesejarahan, seni dan budaya. Agar kesadaran mengenai sejarah, seni dan budaya masyarakat bisa meningkat, guna membangun karakter bangsa dan memperkuat jati diri bangsa.

“Tujuan pameran ini sebagai penjembatani penyampaian informasi kepada masyarakat, tentang sejarah perjuangan bangsa di Sumatera Utara. Menumbuhkan kecintaan masyarakat terhadap sejarah, seni, dan budaya serta mendukung Gerakan Nasional Cinta Museum,” ungkap Elisa Marbun.

Sementara Kepala Museum Negeri Sumatera Utara Martina Silaban didampingi Kasubag Tata Usaha Purnama Ginting ketika diwawancarai mengatakan, materi yang dipamerkan kali ini berupa foto, lukisan dan benda-benda yang berkaitan dengan sejarah perjuangan dalam memperjuangkan dan mempertahankan kemerdekaan RI. Serta kehidupan masyarakat Sumatera Utara di massa perjuangan, yang berkaitan dengan sosial, budaya dan ekonomi.

“Selain itu, ada juga foto dan benda yang berkaitan dengan sejarah perkebunan di Sumatera Utara. Dan perlu diketahui, untuk hari ini kita bebaskan tiket masuk ke Museum bagi masyarakat yang hendak melihat pameran,” jelas Martina Silaban.

Sambungnya, pameran ini terselenggara atas kerjasama antara Museum Negeri Sumatera Utara dengan Dewan Harian Daerah Badan Penggerak Pembudayaan Jiwa Semangat dan Nilai-Nilai Kejuangan 45 Provinsi Sumatera Utara. Selain itu, Museum Perkebunan Indonesia, Museum Perjuangan TNI, dan Museum Pahlawan Nasional Letjen Jamin Ginting.

Pantauan MUDANEWS.COM di lokasi, acara pembukaan pameran dimulai dengan tari persembahan dan diakhiri dengan tarian si gale-gale. Selanjutnya seluruh tamu undangan di persilahkan masuk ke lantai II Museum untuk melihat foto, lukisan dan benda-benda yang berkaitan dengan sejarah perjuangan dan mempertahankan kemerdekaan RI, yang dipamerkan oleh panitia. Berita Medan, Fadli

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here