Pertama Di Karo, Pengurus Ikatan Keluarga Batak Islam Kecamatan Merek Dilantik

IKBI (Ikatan Keluarga Batak Islam) dilantik
Pengurus Ikatan Keluarga Batak Islam kecamatan Merek di lantik oleh Kemenag karo

Laporan : Arkhan AL

MUDANews.com. Karo (Sumut) l Untuk membina dan mengikat tali silaturahmi antara sesama saudara satu akidah umat islam di Kecamatan Merek Kabupaten Karo membentuk satu organisasi keagamaan yang bergerak di bidang syiar dan persaudaraan sepakat untuk membentuk suatu perkumpulan yang dinamai Ikatan Keluaraga Batak Islam (IKBI) Kecamatan Merek.

Begitu kepengurusan IKBI itu terbentuk mereka juga sepakat untuk dilakukuan pengukuhan pengurus guna selanjutnya diadakan pelantikan dengan, masa bakti 2017-2019 di Masjid Merek Minggu (2/4).

Pelantikan tersebut dihadiri oleh Kepala Kementerian Agama Kabupaten Karo Drs. H Brutu, Camat Merek, Ka Kua kecamatan Merek kepala desa Merek Juasmen Munte, mewakili donatur Josni Lingga, UD Raga Ginting dan muslimin dan muslimat di desa Merek.

Acara dibuka dengan pembacaan Al-Qur’an dan menyanyikan lagu Indonesia Raya, kemudian  kata sambutan dari ketua BKM Manbanta Assalam Merek, Patriot Lingga yang juga ketua panitia pelaksana, para tamu undangan, dan ketua umum IKBI kecamatan Merek.

Ketua IKBI, Biher Kudadiri  dalam sambutannya mengajak pengurus IKBI menjadi teladan dalam menjalin kerukunan umat beragama khususnya di Kecamatan Merek.

“Masuk di IKBI sudah pasti berkorban, karena ormas ini bukan menjadi saingan terhadap ormas-ormas yang ada di Kecamatan Merek. Sesuai dengan tema kita, terbentuknya IKBI di kecamatan Merek, mari kita tingkatkan rasa persaudaraan sesama umat islam dalam mengembangkan syiar Islam. Untuk itu harapan saya IKBI dapat menjalin komunikasi dengan pemerintah dan seluruh agama,dengan begitu perbedaan itu menjadi pemersatu antar umat beragama”.

Sementara Kemenag Kabupaten Karo, Dr H Brutu. IKBI di Kecamatan Merek masih satu – satunya di Indonesia, setelah pelantikan ini, diharapkan kepada pengurus membuat AD/ART dan daftarkan ke kesbanglinmas di Pemkab Karo, supaya ormas ini tidak dianggap liar.

Ketua panitia Patriot munthe dalam sambutannya, mengucapkan rasa syukurnya atas terlaksananya pelantikan IKBI kecamatan Merek yang di lantik oleh Kemenag Kabupaten Karo. Lahirnya IKBI atas dasar musyawarah lima suku di kecamatan Merek yakni suku Karo,batak Toba,batak Simalungun, batak Pakpak- pakpak dan batak Mandailing. Lahirnya IKBI menepis anggapan bahwa batak itu tidak islam.

Ada pun pengurus yang dilantik, ketua umum Biher Kudadiri, Sekretaris M Haidir Sinaga, Bendehara M. Jasa Munthe.

Dalam pelaksanaan acara dirangkai dengan pemberian cendera mata sehelai Ulos kepada Kemenag Kabupaten Karo, Camat Merek, Ka. Kua Kecamatan Merek, Kepala desa Merek, H. Sofian Simbolon, Amran Ginting (UD Raga), dan Josni Lingga. (ig)