Hari Pendidikan Nasional
Kadis Pendidikan Kabupaten Labuhanbatu Drs H Sarimpunan Ritonga MPd bersalaman usai upacara

MUDANEWS.COM, Labuhanbatu – Upacara Peringatan Hari Pendidikan tanggal 2 Mei 2019 yang serentak dilaksanakan di seluruh Indonesia termasuk di 350 sekolah SD, SLTP dan SLTA Negeri maupun Swasta yang ada di Kabupaten Labuhanbatu tepat pada pukul 08.00 WIB tadi pagi, hendaknya kita jadikan momentum Hari Pendidikan ini untuk meningkatkan kemampuan guru dalam mendidik dan mengajar siswa agar menjadi siswa yang berkualitas.

Hal tersebut dijelaskan Kadis Pendidikan Kabupaten Labuhanbatu Drs H Sarimpunan Ritonga MPd, Kamis (2/5/2019) pagi disela-sela menghadiri dan menjadi saksi upacara pelantikan Pengurus Dewan Pendidikan Kabupaten Labuhanbatu di Ruang Data dan Karya yang dihadiri Plt Bupati Labuhanbatu Andi Suhaimi Dalimunthe dan Sekdakab Ahmad Muflih.

Dalam keterangannya terkait dengan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2019 tersebut, Sarimpunan Ritonga mengatakan, kiranya didalam peningkatan kualitas dan mutu pendidikan di Labuhanbatu, kita berupaya untuk meningkatkan, pertama tentang sarana dan prasarana di sekolah unit masing-masing dan yang ke dua, peningkatan kopetensi guru, dimana 8 dasar guru itu, subtansi yang paling pokok adalah tentang kemampuan guru dalam mendidik dan mengajar siswa agar menjadi siswa yang berkualitas.

Sementara, Ketua Dewan Pendidikan Labuhanbatu Drs H Rajo Makmur Siregar MPd dalam kesempatan itu mengatakan, Pendidikan kita hari ini sebetulnya memerlukan inovasi-inovasi dalam berbagai bidang, tapi utamanya dalam hal ini guru perlu memperhatikan secara serius bahwa kunci dari pendidikan itu ada ditangan guru, ketika guru-guru kita kurang begitu greget, kurang integrasi terhadap pekerjaannya, maka pada saat itu pendidikan kita akan menurun.

“Kunci pendidikan itu ada pada guru, tentu saja itu tidak bisa diabaikan oleh orang tua atau masyarakat, bagaimana pendidikan itu bisa berjalan baik kalau orang tua melepaskan diri dari padanya,” kata Rajo Makmur.

Sedangkan, Munawar Nasution, SH Ketua HIMPAUDI Kecamatan Rantau Utara mengucapkan selamat Hari Pendidikan Nasional, kita berharap dengan momentum Hari Pendidikan Nasional Tahun 2019 yang dirayakan pada hari ini hendaknya menjadi refleksi untuk semua pemangku kepentingan, terutama ditengah-tengah kebijakan sistem pendidikan nasional yang selalu berubah-rubah dalam jeda waktu yang tidak lama.

Begitu banyak kebijakan-kebijakan yang lahir dalam dunia pendidikan kita, sebut saja pelaksanaan K.13, rencana penarikan guru-guru dari sekolah-sekolah dan penguatan pendidikan karakter, hal itu telah membuat kita secara beragam, ada yang mengapresiasi dan mengatakan bahwa itu hal yang mencemaskan.

“Secara teknis kita HIMPAUDI berharap bahwa hal tersebut merupakan tindak lanjut dari pada penguatan kualitas, kopetensi dari pada guru-guru kita, akhirnya kami berharap bahwa pemerintah baik itu nasional maupun lokal berharap kiranya pendidik dan guru-guru ini mohon diperhatikan dengan baik,” kata Munawar. Berita Labuhanbatu, Arjuna