Pemkab Labuhanbatu Sosialisasikan Kekayaan Intelektual Melalui IPTEK
Sosialisasi Pemkab Labuhanbatu

MUDANEWS, Labuhanbatu – Kegiatan penjaringan dan penyelenggaraan kreativitas dan inovasi masyarakat Kabupaten Labuhanbatu merupakan agenda utama pemerintah Kabupaten Labuhanbatu dalam rangka memberikan penghargaan kepada masyarakat Labuhanbatu, baik secara perorangan maupun kelompok,yang mampu menghasilkan inovasi kreatif dalam bidang IPTEK, yang bermanfaat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Demi memenuhi harapan tersebut, Pemkab Labuhanbatu melalui Badan Penelitian dan Pengembangan (BALITBANG) Labuhanbatu memberikan media dalam kreativitas dan inovasi dengan menggelar sosialisasi kekayaan intelektual yang diadakan di hotel Dhama Melati Gang Ladon Rantau Prapat, Kecamatan Rantau Utara, Selasa (16/7/2019).yang di ikuti beberapa OPD, Camat, masyarakat pelaku usaha, staf ahli Bupati, Sekjen Litbang, narasumber Litbang Provsu dan dibuka resmi oleh Asisten III .

Hobol Zulkifli Rangkuti Selaku Kaban litbang Labuhanbatu melalui sekretarisnya Sony Yudi nih Zahrun ST dalam laporannya menyampaikan kegiatan ini diharapkan mampu meningkatkan kepedulian serta menumbuhkan kesadaran masyarakat dalam menghasilkan dan memanfaatkan IPTEK untuk mendukung kegiatan, sehingga bisa menghasilkan produk yang berdaya saing semoga terlaksana sesuai yang di rencanakan.

Menurut Sony, Inovasi daerah pada hakikatnya ditujukan untuk mendukung peningkatan kinerja pemerintah daerah dan pelayanan publik secara optimal dalam rangka mewujudkan kesejahteraan masyarakat, sasaran inovasi daerah diarahkan untuk mempercepat terwujudnya kesejahteraan masyarakat melalui peningkatan pelayanan publik, pemberdayaan dan peranserta masyarakat dan peningkatan daya saing daerah.

“Sejalan dengan itu,usulan inovasi daerah tentunya tidak dibatasi hanya berasal dari pemerintah daerah, melainkan dibuka kesempatan sebesar-besarnya bagi masyarakat untuk mengusulkan inovasi daerah, sebagaimana dimaksud dalam undang-undang nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintahan daerah di definisikan sebagai semua bentuk pembaharuan dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah,” pungkas Sony.

Sementara itu PLT Bupati Labuhanbatu H Andi Suhaimi Dalimunthe ST MT, melalui Asisten III Pemkab Labuhanbatu H Amru Harahap dalam pidato tertulisnya menyampaikan, “dalam beberapa tahun terakhir posisi Indonesia dalam peringkat negara paling kompetitif secara global terus meningkat, seperti rilis hasil penelitian global Talent Competitiveness Index (GTCI) pada bulan februari lalu menempatkan Indonesia di urutan 67 atau naik 10 peringkat dari tahun sebelumnya.

Pemkab Labuhanbatu Sosialisasikan Kekayaan Intelektual Melalui IPTEK
Kegiatan Sosialisasi Pemkab Labuhanbatu

Pemerintah terus berupaya untuk meningkatkan daya saing melalui pembangunan ekonomi berbasis ilmu pengetahuan (IPTEK) dan inovasi. Pembangunan yang berfokus pada peningkatan daya saing bangsa ditengah persaingan global merupakan tuntutan revolusi industri 4.0 yang sedang trend disini pada masa ini.

Ditambahkan Amru, Hak Kekayaan Intelektual (HKI) adalah hak yang timbul bagi hasil olah fikir yang menghasilkan suatu produk atau proses yang berguna untuk manusia. Pada intinya HKI adalah hak untuk menikmati secara ekonomis hasil dari suatu kreativitas intelektual. Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu sangat menyadari bahwa dengan meningkatkan peran IPTEK akan memacu produktifitas dan kreatifitas yang secara langsung akan berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi nasional.

“Menyadari pentingnya hal tersebut di atas, Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu berupaya meningkatkan pemahaman aparatur sipil negara dan para pelaku usaha tentang upaya perlindungan kekayaan intelektual, diharapkan dengan sosialisasi ini akan tumbuh motivasi dan minat untuk membuat karya-karya intelektual khususnya yang berbentuk hak cipta,” tutup Amru.

Diketahui rangkaian acara tersebut juga akan di isi dengan lomba kreasi dan inovasi daerah (KRENOVDA) yang merupakan pembinaan berjenjang dari tingkat kota sampai tingkat nasional, bagi pemenang yang memenuhi kriteria akan diberikan uang pembinaan dari Plt, Bupati Labuhanbatu sebagai berikut :

Juara pertama 5 juta rupiah, Juara kedua 3,5 juta, juara ke tiga 2 juta, juara ke empat 1 juta, juara ke lima 750 ribu dan ke enam 5 ratus ribu rupiah. Berita Labuhanbatu, Arjuna