Ketua DPP HKTI Sumatera Utara, Syafrizal

Mudanews.com,Deli Serdang-Dewan Pengurus Provinsi Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Sumatera Utara Mendukung Target Pencapaian swasembada pangan di daerah ini , salah satunya dengan mengembangkan benih padi Unggul M400.

“Himpunan Kerukunan Tani Indonesia mendukung swasembada pangan di Provinsi Sumatera Utara yang diinginkan oleh pemerintah provinsi Sumatera Utara,” Ujar Ketua DPP HKTI Sumatera Utara Syafrizal Di Deli Serdang , Kamis 27/06/2019.
Menurut dia, salah satu cara Himpunan Kerukunan Tani Indonesia Sumatera Utara dalam mendukung swasembada pangan adalah dengan mengembangkan benih padi M400.
Lebih lanjut, dia menyampaikan kelebihan benih padi M400 memiliki batang yang lebih besar, dengan bulir padi yang penuh di setiap tangkainya. Pada kondisi puncak, bulir biji ini akan mencapai 400 biji pertangkai,sehingga perkiraan panen bisa mencapai 10 ton perhektar sedangkan saat ini rata rata panen di provinsi sumatera utara dalam perhektar baru mencapai 5 sampai dengan 7 ton. Benih padi M400 merupakan produk yang diluncurkan Mtani yang dipelopori oleh Ketua Umum HKTI Pusat Jenderal TNI (Purn) Dr. Moeldoko SIP.

Penyerahan Benih padi M400 Pada petani

Didampingi Koordinator Pengembangan Program HKTI Sumatera Utara,” Erwin Ramadani, S.Pi menambahkan bahwa, benih M400 ini tahan terhadap kondisi lingkungan, baik serangan hama maupun anomali cuaca masih bisa berdiri tegak.
Erwin menjelaskan , Benih ini akan di kembangkan pada petani yang ikut dalam program Paket Lindung Tani Indonesia HKTI Sumatera Utara maupun yang belum ikut . Alhamdulillah HKTI Sumatera Utara sendiri akan menanam di lahan seluas 10 ha di Kabupaten Deli Serdang yang telah kita sewa lahannya dan selebihnya akan di sebar kepada para Petani yang menjadi binaan HKTI Sumatera Utara , saat ini masih seluas 250 ha yang akan kita tanam menggunakan benih ini dan lokasinya secara acak karena kultur tanahnya berbeda beda, insya Allah untuk musim kedepan bisa mencapai 1000 ha dan target dari HKTI Sumatera Utara sendiri minimal adalah 5000 ha.

Petani yang menggunakan benih padi M400

Mari kita sama sama berdoa dan berikhtiar agar penanaman menggunakan benih padi M400 dalam program paket Lindung Tani Indonesia ini dapat maksimal sesuai dengan keinginan kita semua, ujar Erwin.Tidak hanya Ubi , padi dan jagung yang akan dikembangkan oleh HKTI Provinsi Sumater Utara dalam program ini , insya Allah dalam waktu dekat ini kita akan mengembangkan ternak ayam kampung dan perikanan darat ujar Erwin yang selalu mengkampanyekan petani Muda keren.

Lahan HKTI Sumut yang akan ditanami benih padi M400