Ilustrasi.

MUDANEWS.COM, Jakarta – PT Kereta Api Indonesia (Persero) akan menghapus salah satu kelas dari kereta yang selama ini dioperasikan. Kelas yang dihapus adalah kereta kelas bisnis.

Direktur Komersial KAI Kuncoro Wibowo menjelaskan penghapusan kelas bisnis ini sebagai upaya perusahaan dalam menyeragamkan fasilitas dan memudahkan dalam penerapan tarif.

“Jadi itu secara bertahap, sekarang kita sudah mulai‎ hilangkan kelas bisnis, dengan mengganti dengan ekonomi new image, semua nanti akan seperti itu,” kata Kuncoro kepada wartawan, kemarin.

Penghapusan ini dilakukan seiring dengan upaya perusahaan dalam membeli gerbong-gerbong baru dari PT INKA (Persero) yang bermarkas di Madiun, Jawa Timur.

Ke depan, KAI hanya akan mengoperasikan dua kelas kereta, yaitu kelas Ekonomi dan kelas Eksekutif. Untuk kelas ekonomi, Kuncoro mengaku fasilitas yang diberikan tidak seperti kelas ekonomi yang saat ini dioperasikan.

Sebagai langkah awal, kelas ekonomi yang digadang-gadang akan menjadi kelas ekonomi di masa yang akan datang adalah ekonomi premium yang keretanya baru saja didatangkan dari INKA beberapa waktu lalu.

“Masyarakat itu sekarang semakin cerdas, kalau kita tidak terus meningkatkan pelayanan dan kualitas kita, bisa ditinggalkan kita nanti, pada beralih ke pesawat terbang,” ungkap dia.

Saat ini KAI tengah memesan lebih dari 400 kereta ke INKA. Pembelian kereta baru ini merupakan bagian dari program peremajaan kereta yang saat ini usianya lebih dari 30 tahun.‎ (ka)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here