Harga Gula Pasir Melambung, Usaha Halua Sri Langkat Tetap Bertahan

Harga Gula Pasir Melambung, Usaha Halua Sri Langkat Tetap Bertahan
Ratna Nurfiana selaku salah satu keluarga Pemilik usaha Halua Sri Langkat

MUDANEWS.COM, Langkat – Melambungnya harga jual gula pasir di pasaran yang mencapai Rp.20.000 per kilogram tak membuat usaha manisan Halua Sri Langkat yang dijalankan secara turun temurun ini goyang apalagi tutup walaupun di tengah wabah Covid-19.

Usaha keluarga yang telah di jalankan sekitar puluhan tahun ini masih tetap eksis dan terus menggeliat hingga saat ini. “Seumur awakla kira-kira dari jaman andong awak dulu usaha Sri Langkat,” ujar Ratna Nurfiana selaku salah satu keluarga Pemilik usaha Halua Sri Langkat pada Rabu (29/04/2020).

Usaha manisan halua ini merupakan warisan alam dan tamadun Melayu Langkat yang telah ada sejak dahulu ini masih banyak peminat bahkan tetap di pertahankan sebagai tradisi turun temurun di tengah masyarakat Puak Melayu Langkat hingga saat ini.

“Dulu jualnya tidak di depan tapi di pajang di toples-toples saja di dalam rumah,” kenangnya. “Sekarang sudah di susun dalam toples kaca dan di pajang di toko,” lanjutnya lagi.

Di Sri Langkat sendiri menyediakan berbagai jenis manisan Halua dari buah Kecapong, Kulang Kaleng, Pala, Glugur, Kundur, Timun, Wortel, Cabai, Pare, Nenas, Renda, Buncis, Labu, Arcis, Jagung muda serta aneka ragam buah Betik dari putik, batang hingga pucuk daun Betik yang banyak di minati oleh masyarakat Langkat maupun luar Langkat.

“Rata-rata harga tiap jenis 80 ribu rupiah kalau di campur, tapi khusus cabai kami jual 150 ribu rupiah, alasannya karena bahannya sulit dicari dan jenis cabainya harus pilihan, proses pengerjaannya pun juga harus lebih ekstra,” ungkapnya melanjutkan.

“Kalau bunga pepaya 100 ribu rupiah, gian juga harga bahan mentah lumayan mahal, tambah lagi pengerjaannya agak sulit,” terangnya lagi.

“Kemasan seperempat paling kecil yang kisaran harganya dari 80 ribu rupiah hingga 150 ribu rupiah per kilonya,” jelasnya. “iyan pe sama harganya dengan tahun lalu, walau pe gula naek,” sambungnya lagi.

“Hal ini di pertimbangkan untuk menjaga konsumen setia manisan Halua Sri Langkat yang telah lama menggemari kulinologi khas Melayu Langkat ini,” jelasnya melanjutkan. “Bagi yang berminat silahkan datang ke toko manisan Halua Sri Langkat yang beralamat di Jalan K.H.Z Arifin no.156 Stabat atau dapat menghubungi nomor 0822-7314-2566,” ucapnya mengakhiri. Berita Langkat, Gus