Ngunduh Mantu Jokowi di Medan, Makanannya Sangat Sederhana

Ngunduh Mantu Jokowi di Medan
Foto: Presiden Jokowi beserta keluarga saat memberikan keterangan pers kepada wartawan.

MUDANEWS.COM, Medan – Rangkaian acara ngunduh mantu Jokowi di Medan sudah berlangsung sejak Minggu (19/11/2017). Dua hidangan yang tersaji pada prosesi adat pemberian marga untuk Kahiyang Ayu, yaitu pakkat (rotan muda) dan ikan sale sambal, dipastikan tidak akan ada di resepsi Kahiyang-Bobby pada Sabtu, (26/112017).

“Karena untuk yang hari terakhir ini, lebih ke nasional. Kalau itu (pakkat dan sale) khas Tapanuli,” kata owner Focus Wedding Planner yang dipercaya menangani seluruh rangkaian ngunduh mantu, Muhammad Fauzi di Medan, Sumatera Utara, Rabu, (22/11/2017).

Berdasarkan informasi yang Fauzi dapat dari vendor katering pilihan keluarga Bobby Nasution, makanan-makanan yang akan terhidang pada resepsi terakhir itu jauh dari kesan mewah.

Orang-orang mungkin tidak akan percaya, kalau acara ngunduh mantu Jokowi bakal menyajikan makanan-makanan itu.

“Untuk tanggal 26 saja ada sop iga, daging sapi, ayam kecap, udang telur asin, cah brokoli, nasi putih, nasi merah,” kata pria yang biasa disapa Bang Ojie sambil melihat daftar makanan yang ada di ponselnya.

Tidak ketinggalan jajanan pasar yang terdiri dari risol, canil, lupis, dan bubur. “Memang tidak ada makanan internasional, takut enggak pada makan (barangkali),” terangnya.

Sementara makanan untuk acara adat di Jumat dan Sabtu yang terdiri dari Manalpokkon Lahan atau Pulungan (menyembelih kerbau), Manyantan Gordang Sambilan dan Gondang, Membuka Galang-galang, Marlongit, Margalanggang, sampai Matortor, akan disajikan nasi goreng, mi bakso, bandrek, roti, teh dan kopi, serta kacang rebus. Makanan-makanan itulah yang akan tersaji di ngunduh mantu Jokowi. (red)