Duka Aceh Adalah Duka Kita, Mahasiswa Anak Kandung Umat

Duka Aceh Adalah Duka Kita, Mahasiswa Anak Kandung Umat
Aliansi Mahasiswa Langkat melaksanakan Aksi Galang Donasi untuk masyarakat Aceh Tengah yang terdampak banjir bandang dan tanah longsor beberapa waktu lalu. Kamis (21/5/2020). (Dok. Istimewa)

MUDANEWS.COM, Langkat – Aliansi Mahasiswa Langkat melaksanakan Aksi Galang Donasi untuk masyarakat Aceh Tengah yang terdampak banjir bandang dan tanah longsor beberapa waktu lalu. Kamis (21/5/2020).

Aliansi Mahasiswa Langkat ini dihadiri oleh HIMATEMIA Unimal, HIMASI Unimal, HIMAQUA Unimal, Himpunan Mahasiswa Pendidikan Matematika Unimal, HIMALA Unimal, Lembaga Dakwah Fakultas Pertanian Unimal, PMII STAI-JM Tanjung Pura, HMI Komisariat Tarbiyah STAI-JM Tanjung Pura, GMNI FISIP Unimal, dan beberapa komunitas seperti Senyum Satu Indonesia, Bascamp Kita, dan KautsarArt.

Muhammad Ilyas selaku koordinator dan HIMATEMIA Unimal mengucapkan terima kasih kepada seluruh relawan mahasiswa yang peduli terhadap kegiatan ini.

“Alhamdulillah, kegiatan aksi galang donasi kita telah selesai semoga langkah, usaha dan senyuman yang kita lakukan mendapatkan berkah serta dapat meringankan beban saudara kita yang tertimpa musibah di Aceh Tengah,” ujar Muhammad Ilyas.

Sekumpulan pemuda lintas lembaga ini melaksanakan pengumpulan donasi secara langsung ke masyarakat Kabupaten Langkat dan masyarakat Indonesia pada umumnya.

Ardiansyah Khan selaku Ketua Komunitas Senyum Satu Indonesia (SSI) mengatakan dengan adanya Galang dana ini. Diharapkan dapat membantu saudar- saudari kita di wilayah Aceh tengah dan sekitarnya. Semoga langkah kecil ini dapat di ikuti oleh beberapa pihak lainnya dalam meringankan beban korban bencana banjir Aceh Tengah.

Pemuda yang berasal dari berbagai lembaga tersebut langsung turun ke jalan menemui masyarakat yang ingin saling bahu – membahu untuk meringankan beban para masyarakat Aceh Tengah yang terdampak bencana banjir bandang dan tanah longsor. Kegiatan ini dilaksanakan pada 3 titik daerah di Tanjung Pura yaitu Simpang Bundaran Tanjung Pura, Simpang Koramil, dan Simpang Iblis.

M Indra Sp Sinuhaji selaku Ketua Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Komisariat Tarbiyah STAI-JM menuturkan bahwa penggalangan dana ini bukan hanya sekedar tuntutan sebagai mahasiswa yang menjadi penyambung lidah masyarakat tetapi lebih secara subtansial adalah sebagai bentuk kemanusian.

“Kita sebagai makhluk sosial juga merasakan luka dan duka yang di hadapi saudara kita di Aceh Tengah dan sekitarnya. Harapannya adalah melalui aksi galang dana ini yang di lakukan oleh mahasiswa terkhusus mahasiswa yang berada di Kabupaten Langkat dengan latar belakang kampus dan background yang berbeda, semoga dapat meringankan beban dan duka saudara kita. Salam perjuangan,” kata Indra.

M Anif Habibullah perwakilan HIMASI Unimal mengatakan “duka di Aceh telah membuat rasa duka yang begitu dalam bagi saya. Dengan adanya kegiatan ini kami mengajak kita semua masyarakat Indonesia khususnya, untuk meringankan beban serta derita saudara-saudara kita yang tertimpa musibah di Aceh Tengah,” ujar Anif.

Bantuan yang terkumpul pada aksi ini yaitu berupa uang tunai sebanyak Rp. 2.222.000 dan ada bantuan lainnya berupa buku tulis, pulpen, dan juga pensil.

Nantinya bantuan yang sudah terkumpul akan langsung di berikan ke korban bencana, melalui teman-teman Relawan Mahasiswa Unimal yang berada di lokasi tersebut. Dan galang donasi masih dibuka sampai hari Selasa 26 Mei 2020.

Mengakhiri press releasenya, Aliansi Mahasiswa Langkat melalui Zaini Rahmatika Dahri selaku pengurus HIMAQUA mengatakan “Insya Allah kami dari Himpunan Mahasiswa Akuakultur akan terus membanbantu rakyat apabala mengalami bencana alam seperti ini dan lainnya, dan mudah-mudahan dengan terlaksananya penggalangan dana untuk saudara-saudari di Aceh Tengah dapat meringankan beban mereka dan di pergunakan secara baik,” harap Zaini. Berita Langkat, red