Pembukaan MTQ Ke 46 Dan FSQ Ke 31 Tapteng Dihadiri Ribuan Masyarakat

Pembukaan MTQ Ke 46 Dan FSQ Ke 31 Tapteng Dihadiri Ribuan Masyarakat
MTQ Ke 46 Dan FSQ Ke 31 Tapteng

MUDANEWS.COM, Tapanuli Tengah – Musyabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-46 dan Festival Seni Qasidah (FSQ) ke-31 Kabupaten Tapteng Tahun 2020, Selasa (25/02/2020), di lapangan Merdeka Kecamatan Barus.

MTQ Ke 46 dan FSQ Ke 31 ini mengusung tema “Dengan MTQ Nasional kita wujudkan SDM yang unggul, profesional, dan Qu’ran untuk mewujudkan Indonesia maju”.

Bupati Tapanuli Tengah Bakhtiar Ahmad Sibarani dalam sambutannya, berharap para Dewan Hakim/Juri yang disumpah agar dapat berlaku adil, siapa pun pemenang, itulah pemenang yang sebenarnya.

“Ada orang bertanya kepada saya, kenapa MTQ dan FSQ tahun 2020 ini dilaksanakan di Barus, tahun lalu di Barus, sekarang di Barus? Pada hari ini, saya sampaikan bahwa Islam pertama masuk ke Negara Kesatuan Republik Indonesia ini dari Kecamatan Barus Negeri Bertuah ini. Kami ingin mengingatkan kita bahwa ada sejarah bahwa Islam pertama di Negara Kesatuan Republik Indonesia berada di Kecamatan Barus Kabupaten Tapanuli Tengah,” ungkap Bupati Tapanuli Tengah Bakhtiar Ahmad Sibarani.

Lanjut Bupati, sudah membentuk tim untuk memeriksa langsung ke daerah Humbang Hasundutan, apa penyebab banjir, apakah ada perusahaan yang memang salah melepaskan air atau memang alam menunjukkan kekuatannya, kini akan bedah secara baik dan bijaksana.

“Tanggul tembok penahan banjir yang ada di Sungai Sirahar akan dimulai pekerjaannya di tahun 2021. Saya sudah sampaikan karena itu proyek Provinsi Sumatera Utara, saya sudah sampaikan kepada Wakil DPRD Provinsi Sumatera Utara, Rahmanyah Sibarani, SH untuk mengawal pembangunan itu. Kami pun berharap kepada Anggota DPR RI, Hj Delmeria Sikumbang agar berjuang untuk pembangunan tembok kiri dan kanan Sungai Aek Sirahar, kalau Provinsi Sumatera Utara tidak sanggup untuk membangunnya karena berbiaya hampir Rp. 74 milyar,” papar Bupati Tapanuli Tengah.

“Bapak, Ibu, dan Saudara-saudara sekalian, target kami, infrastruktur jalan di kecamatan-kecamatan dibangun. Tahun ini, kami melaksanakan pembangunan Infrastruktur jalan hotmix kurang lebih 143 km,” lanjut Bupati Tapanuli Tengah.

Pada kesempatan itu, Bupati Tapanuli Tengah Bakhtiar Ahmad Sibarani menyampaikan apresiasinya atas berbagai pertunjukan yang mengawali pembukaan MTQ ke-46 dan FSQ ke-31 Tapteng yang ditampilkan oleh Marching Band, Tarian, hingga Drama Kolosal Banjir Bandang Aek Sirahar dari Masyarakat Barus.

“Tadi tesan air mata ketika saudara kita dari Desa Bungo tanjung, Ujung Batu melakukan pertunjukan bencana banjir yang dialami. Kami Bupati Tapanuli Tengah sudah barang tentu berjuang untuk membangun 20 kecamatan, 215 desa dan kelurahan, hampir 70 persen infrastruktur jalan selesai target tahun ini, paling lama tahun depan 100 persen jalan Kabupaten Tapanuli Tengah akan selesai dikerjakan di perode Saya dan Wakil Bupati Tapanuli Tengah. SMP Negeri 1 Barus sudah terbangun megah, selanjutnya kami akan membangun Kantor Camat Kecamatan Barus, dan beberapa kantor camat akan kami bangun dan kami tingkatkan untuk lebih bagus. Kami yakin dan sangat percaya infrastruktur yang bagus itu tidak berarti tanpa dilakukan perubahan akhlak, kesadaran harus bangkit bahwa kita tidak bisa tertidur dengan dosa, tidak tertutup kemungkin banjir ini peringatan Tuhan kepada kita agar semakin dekat dengan keimanan dan ketaqwaan kepadaNya. Kita semua agar menjauhi Narkoba sebelum ajal kita menjemput,” tegas Bakhtiar.

“Tidak tertutup kemungkinan ada keluarga Bupati terlibat Narkoba, tidak tertutup kemungkinan anak kita dan keluarga kita terlibat Narkoba, tidak tertutup kemungkinan ada oknum PNS, TNI, POLRI terlibat Narkoba. Kita harus perangi Narkoba sebagai musuh negara,” ungkapnya.

Pada kesempatan itu, Tausyah disampaikan oleh Ustad Dr. Hasrat Samosir S.Ag, MA.

Pantauan MudaNews.com, pembukaan MTQ ke-46 dan FSQ ke-31 Tapteng Tahun 2020 itu berlangsung dengan hikmat, meriah ,dan sukses. Ribuan masyarakat menghadiri dan menyambut dengan sangat antusias pelaksanaannya. (Supriadi)