Gempa Guncang Tabagsel, Warga Tapsel Tertimpa Reruntuhan

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Tapsel – Gempa yang mengguncang Tapanuli Bagian Selatan, Jumat (14/7/2017) pagi, dengan kekuatan 5,5 SR mengakibatkan beberapa rumah di Desa Sitaratoit, Kecamatan Angkola Barat, Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) mengalami kerusakan. Bahkan salah seorang warga, Masitoh Ritonga (65), terpaksa dilarikan ke RSUD Sipirok akibat tertimpa reruntuhan rumah.

Kepada wartawan, Ilyas Siregar (45) warga Desa Sitaratoit mengatakan, saat gempa tersebut Masitoh tengah berada di dalam rumah. Namun, dirinya tidak mengetahui apa yang tengah dilakukan Masitoh.

“Waktu gempa itu di rumah dia. Tapi gak tau saya lagi ngapain dia. Yang tau saya, setelah gempa itu dia menjerit minta tolong,” ucapnya.

Mendengar jeritan Masitoh tersebut, warga pun berbondong-bondong ke kediamannya. Saat itulah, warga melihat Masitoh tertimpa reruntuhan.

“Setelah kami lihat dia tertimpa reruntuhan, kami pun membantu keluar dari reruntuhan itu. Siap itu dia pun langsung dibawa ke rumah sakit,” aku Ilyas.

Lebih lanjut, Ilyas menjelaskan, akibat tertimpa reruntuhan tersebut Masitoh mengalami luka di bagian kepala dan kakinya. “Lukanya di kepala sama kakinya,” pungkasnya.

Sekedar mengingatkan, warga Tapanuli Bagian Selatan mendadak panik, Jumat (14/7/2017) pagi. Pasalnya, kala itu kawasan tersebut diguncang gempa dengan kekuatan 5,5 SR.

Kepada wartawan, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, BMKG melaporkan telah terjadi gempabumi dengan kekuatan 5,5 SR berpusat di darat dengan kedalaman 10 km pada Jumat (14/7/2017) pukul 08.25 Wib. Pusat gempa berada di 9 km Barat Daya Padang Sidempuan atau 25 km Tapanuli Selatan Provinsi Sumatera Utara. Gempa tidak berpotensi tsunami.

“Badan Geologi USA melaporkan gempa berkekuatan 5 SR dengan pusat di darat. Sumber gempa diperkirakan berasal dari sesar,” ucapnya.

Lebih lanjut, Sutopo mengatakan, gempa tersebut bukan hanya terasa di Kota Padang Sidempuan, namun juga menguncang Kabupaten Tapsel, Paluta, Palas, hingga Rokan Hulu Provinsi Riau. “Hingga saat ini belum ada laporan kerusakan dan korban jiwa. Namun, posko BNPB masih terus memantau dampak gempa,” pungkasnya. Berita Tapsel, Indra

- Advertisement -

Berita Terkini