PDAM Tirtanadi Tidak Lancar di Tapteng, Ternyata Ini Penyebabnya

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Tapanuli Tengah – Warga Lingkungan III AMD Kelurahan Kalangan, Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng), datangi kantor PDAM Tirtanadi untuk mengeluhkan air yang tidak hidup dalam beberapa hari terakhir.

Pasalnya, akibat air PDAM Tirtanadi yang tidak hidup dalam beberapa hari terakhir, Masjid Babul Hikmah Kalangan juga kekurangan air.

Hal tersebut diungkapkan Yusuf salah seorang warga, Selasa (6/6/2017) saat ditemui Awak Media di kediamannya.

“Memang beberapa hari terakhir ini air tidak hidup dirumah, dan hal tersebut bukan hanya saya yang mengalaminya. Masjid juga menjadi kekurangan air, karena air mati,” katanya.

Sementara itu, Kepala Tirtanadi Cabang Tapteng Jamal Usman Ritonga, SE, melaui Maruli Lumban Gaol bagian jaringan menjelaskan bahwa penyebab air yang tidak hidup diduga karena lubang pipa bor yang tersumbat.

“Kita akan langsung membagusi, saya rasa masalahnya ada pada lubang pipa bornya yang tersumbat, pada saat melakukan perbaikan kita akan pastikan airnya berjalan,” jelasnya.

Sambungnya, khusus untuk Bulan Suci Ramadan dan Tahun Baru, PDAM selalu menggratiskan rekening tagihan air untuk semua Masjid.

“Pada bulan Ramadan kita menggratiskan rekening tagihan air. Bukan hanya Masjid saja, Gereja juga kita gratiskan pada bulan Desember saat Natal,” terangnya.

Menurutnya, tekanan air tergantung dengan debit air yang ada, dan untuk saat ini debit air PDAM Tirtanadi sudah berkurang.

“Soal tekanan air yang kurang, sebenarnya debit air sudah berkurang. Makanya kita usulkan penambahan jaringan baru dan sudah dibangun tahun ini. Sumber airnya dari Sipan sungai aek nasangap, dengan beroperasinya nanti jaringan baru ini, tirtanadi menjamin kelancaran air,” tegasnya. Berita Tapteng, Arjuna

- Advertisement -

Berita Terkini