Jokowi Apresiasi Dukungan Golkar Golkan UU Cipta Kerja

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Jakarta – Presiden Joko Widodo menyampaikan apresiasi atas dukungan Partai Golkar di eksekutif dan DPR terhadap UU Cipta Kerja. Berkat bantuan Golkar, Omnibus Law UU Cipta Kerja yang dianggap sebagai transformasi fundamental berhasil digolkan.

Hal itu disampaikan Jokowi dalam pidato HUT Partai Golkar pada Sabtu, (24/10).

“Dalam kesempatan ini saya sampaikan apresiasi atas dukungan Golkar baik yang berada di eksekutif dan di DPR yang secara bersungguh-sungguh mendukung transformasi fundamental yang sedang kita lakukan sekarang ini. Tahun 2021 akan menjadi tahun yang penuh peluang, tahun opportunity, tahun pemulihan ekonomi nasional dan pemulihan ekonomi global,” ujar Jokowi.

Jokowi mengatakan, pengusaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) terkendala regulasi yang kompleks dan birokrasi rumit. Pada Juni lalu, Indonesia menempati posisi nomor satu Global Complexity Index. Regulasi dan reformasi Indonesia dianggap paling rumit.

Maka itu, Jokowi ingin melakukan reformasi struktural dengan membenahi regulasi dan birokrasi secara besar-besaran. Yaitu dengan merancang Omnibus Law. Yang akhirnya berhasil menjadi undang-undang yaitu UU Cipta Kerja.

Jokowi mengatakan, meski sedang ada pandemi Covid-19 tidak menghambat upaya pemerintah melakukan reformasi struktural tersebut.

“Tatkala banyak negara maju mengalami kemunduran, justru saatnya bagi Indonesia untuk melakukan lompatan-lompatan kemajuan,” ucapnya.

Reformasi struktural melalui UU Cipta Kerja ini untuk mendorong UMKM berkembang pesat dan industri padat tenaga kerja tumbuh pesat.

“Kita mengganti izin usaha dengan hanya pendaftaran untuk UMKM, kita permudah pendirian PT dengan modal minimal dan tidak ada pembatasan, juga koperasi bisa didirikan hanya dengan 9 orang, sertifikasi halal bagi UMK kita gratiskan dibiayai oleh APBN, dan lain-lain,” kata Jokowi.

“Sekali lagi, agar perekonomian rakyat segera cepat bergerak, UMKM segera tumbuh, dan peluang kerja segera bertambah luas,” lanjutnya.

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini mengatakan tahun 2021 akan menjadi tahun penuh peluang dan tahun pemulihan ekonomi nasional dan pemulihan global.

Menurutnya, tahun 2021 ini adalah saat yang tepat untuk kembali bekerja, kembali mengembangkan usaha, dan membuka lapangan kerja bagi jutaan pencari kerja Indonesia.

“Saya sangat optimis kita akan mampu memanfaatkan peluang tersebut. Pandemi memang menyulitkan kita tetapi juga membuka peluang kita. Dengan catatan, kita bisa lebih cepat dibandingkan negara lain dan kita lebih efisien dibandingkan bangsa lain,” pungkas Jokowi.

- Advertisement -

Berita Terkini