Presiden Jokowi Lantik Gubernur dan Wakil Gubernur Kalsel

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Selatan, H Sahbirin Noor dan M Muhidin di Istana Negara, Rabu (25/8). Pelantikan dilakukan dengan protokol kesehatan yang ketat.

Sebelum memulai pelantikan, mereka memasuki ruang kredensial Istana Merdeka untuk menghadap Jokowi. Mereka menerima petikan surat keputusan presiden. Setelah itu, Jokowi dan Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian melakukan kirab bersama dengan H Sahbirin Noor dan M Muhidin calon kepala daerah dari Istana Merdeka menuju Istana Negara.

Pelantikan tersebut berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 105P/2021 Tentang Pemberhentian Penjanbatan Gubernur Kalimatan Selatan, dan Pengesahan dan Pengangkatan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Selatan, 2021-2024. Sebelumnya Jokowi pun bertanya kepada mereka untuk bersedia bersumpah menurut agama Islam.

“Demi Allah saya bersumpah akan memenuhi kewajiban saya sebagai Gubernur dan wakil gubernur dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh UUD negara Republik Indonesia 1945 dan menjalankan segala UU dan peraturannya dengan selurus-lurusnya,” ucap Sahbirin Noor dan M Muhidin serentak saat mengikuti sumpah jabatan yang dipandu Jokowi di Istana Negara, Jakarta Pusat, Rabu (25/8).

“Serta berbakti kepada masyarakat, nusa dan bangsa,” lanjut mereka.

Untuk diketahui Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kalimantan Selatan menetapkan calon Gubernur petahana Kalimantan Selatan, H Sahbirin Noor, mengalahkan Mantan Wakil Menteri Hukum dan HAM Prof H Denny Indrayana pada hasil pemungutan suara ulang (PSU) Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Selatan tahun 2020 pasca putusan Mahkamah Konsitusi (MK).

Dikutip dari Antara, Kamis (17/6), hasil itu ditetapkan dalam rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil PSU tingkat provinsi di Hotel G’sgn Banjarmasin. Sahbirin Noor yang berpasangan dengan mantan Wali Kota Banjarmasin H Muhidin atau disingkat BirinMU meraih sebanyak 119.307 suara pada PSU di tujuh kecamatan pada tiga kabupaten/kota.

Tim saksi BirinMU, H Akhmad Maulana menyampaikan syukur yang tidak terhingga atas kemenangan “jagoannya” di pesta demokrasi yang cukup panjang ini.

Dia pun menyampaikan terimakasih kepada semua tim pemenangan dan relawan BirinMU dan masyarakat Kalsel umumnya yang setia mendukung BirinMU.

“Kemenangan ini tidak perlu kita rayakan secara uporia, semuanya harus tenang, hingga ditetapkan secara sah Gubernur dan Wakil Gubernur terpilih,” katanya.

Sumber : merdeka.com

- Advertisement -

Berita Terkini