Kasad Andika Perkasa, Lakukan Rapat Bilateral dengan United States Army

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Jakarta – Chief of Staff of the United States Army, General James C. McConville mendatangi Markas Besar Angkatan Darat dalam rangkaian kunjungan kerjanya ke negara Indonesia.

Dalam kunjungannya tersebut, General James C. McConville beserta para delegasi mengikuti rapat bilateral antara United States Army dan TNI AD untuk membahas kerja sama yang telah dilakukan dan rencana kerja sama di tahun depan.

Dalam kesempatan itu, General James C. McConville juga menyampaikan rasa terima kasih atas sambutan yang luar biasa dari jajaran TNI AD. Ia juga berterima kasih atas hubungan kemitraan yang kuat antara TNI AD dan United States Army.

“Saya melihat prajurit TNI AD bekerja sama dengan United States Army dalam JRTC Rotation, sangat produktif dalam latihan. Apa yang kita mulai hari ini untuk membentuk pelatihan yang hebat dan membuat hubungan kerja sama semakin erat,” ujar General James C. McConville.

Salah satu program kerja sama yang direncanakan tahun depan, yaitu menambah jumlah personel TNI AD dalam pelatihan JRTC Rotation. Kepala Staf Angkatan Darat, Jenderal TNI Andika Perkasa mengatakan ingin menambah personel menjadi 200 orang.

“Pada dasarnya kami sangat puas dengan JRTC Rotation yang telah dilaksanakan, namun kami ingin menambah jumlah personel. Kami telah mengirim 125 personel untuk berlatih dalam menghadapi kekuatan lawan dan perspektif untuk menghadapinya, namun kami ingin menambah jumlah personel yang berlatih menjadi 200 prajurit untuk JRTC,” ujar Kasad.

Mengenai waktu latihan, Kasad menyarankan untuk melakukan latihan pada musim panas di bulan September, karena prajurit TNI AD sulit beradaptasi jika latihan dilakukan bulan November saat musim dingin.

Selain itu, TNI AD juga berencana mengikuti National Training Center United States Army, yakni pelatihan bidang militer yang bersifat konvensional, dengan melibatkan satuan mekanis TNI AD.

Beberapa kerja sama lainnya yang akan dijalin tahun depan seperti pelatihan akademi militer AS di West Point, hingga pendidikan khusus bahasa Inggris bagi prajurit Indonesia yang akan mengikuti pelatihan. Hubungan bilateral yang terjalin di antara negara Amerika Serikat dan Indonesia, untuk memperkuat persahabatan kedua negara dalam bidang militer. Berita Jakarta, red

- Advertisement -

Berita Terkini