Kata-kata Kemerdekan dan Penyemangat dari Bung Karno

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Jakarta – Bung Karno dikenal sebagai orator ulung yang pintar merangkai kata dan menarik perhatian sekitar. Sebagai proklamator, sosoknya juga dikenal sebagai pemimpin yang berkharisma.

Kalimat Bung Karno tak hanya mampu memberi semangat tapi juga memiliki makna yang dalam. Tak heran jika rangkaian kata dan kalimat dari Presiden Pertama Republik Indonesia ini terus diingat hingga sekarang.

Sebagian rangkaian kata dan kalimat tersebut bisa dilihat di buku Kumpulan Kata-kata Pilihan Bung Karno. Kalimat ini cocok untuk mengingatkan pentingnya sikap nasionalisme dan pantang menyerah.

Berikut 10 kata-kata kemerdekaan dan penyemangat dari Bung Karno:

  1. Indonesia merdeka penuh pasti datang.
  2. Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati jasa pahlawannya.
  3. Kemerdekaan hanyalah diperdapat dan dimiliki bangsa yang jiwanya berkobar dengan tekad merdeka-merdeka atau mati.
  4. Indonesia merdeka hanyalah suatu jembatan. Walaupun jembatan emas di seberang jembatan itu jalan pecah dua: satu ke dunia sama rata sama rasa, satu ke dunia sama ratap sama tangis.
  5. Tetapi kecuali daripada itu, maka peristiwa menjadi merdekanya sesuatu bangsa yang tadinya dijajah oleh imperialisme bangsa lain, merdeka, betul-betul merdeka dan bukan merdeka boneka.
  6. Janganlah mencoba mengelabui kami dengan kata-kata. Pilihan kami adalah merdeka atau mati.
  7. Ketahuilah bahwa kemerdekaan barulah sempurna, bilamana bukan saja dari politik kita merdeka, dan bukan saja ekonomi kita merdeka, tetapi di dalam hati pun kita merdeka.
  8. Bangsa yang tidak percaya kepada kekuatan dirinya, tidak dapat berdiri sebagai suatu bangsa yang merdeka.
  9. Tidak ada satu negara yang benar-benar hidup jika tidak ada seperti kuali yang mendidih, jika tidak ada benturan keyakinan di dalamnya.
  10. Lebih baik makan gaplek tetapi merdeka, daripada makan bistik tapi budak.

Sumber : detik.com

- Advertisement -

Berita Terkini