Pelantikan Gubernur Aceh. Mendagri: Libatkan Semua Komponen dalam Keputusan Politik

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Aceh – Menteri Dalam Negeri ( Mendagri) Tjahjo Kumolo berpesan agar Gubernur Aceh dan Wakil Gubernur Aceh, Irwandi Yusuf dan Nova Iriansyah dapat melibatkan semua komponen dalam setiap proses pengambilan keputusan politik.

“Semua komponen harus dilibatkan dalam setiap proses pengambilan keputusan politik seperti pelibatan ulama, tokoh masyarakat dan tokoh adat, DPR Aceh, serta semua elemen lainnya harus diutamakan,” kata Mendagri di Banda Aceh, Rabu (5/7).

Pernyataan itu disampaikannya di sela-sela rapat Paripurna Istimewa DPRA dengan agenda pengambilan sumpah jabatan dan pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur Aceh yang berlangsung di Gedung Utama DPR Aceh, Banda Aceh.

Tjahjo mengucapkan selamat kepada Irwandi-Nova yang telah mengemban amanah untuk membangun dan mempercepat pemerataan pembangunan dan menyejahterakan masyarakat serta kemaslahatan daerah.

“Pesan kami singkat, setiap kamu adalah pemimpin dan akan tetap dimintai pertanggungjawaban baik oleh masyarakat, bangsa dan negara dan nantinya kelak di depan Allah,” kata Tjahjo dalam rapat yang dipimpin langsung Ketua DPRA, Muharuddin.

Mendagri juga berharap kepada Irwandi-Nova Iriansyah agar dapat melanjutkan program yang telah berjalan dan mempercepat pembangunan sehingga Aceh tidak lagi tertinggal dengan provinsi lain.

Ia juga menambahkan sukses bukan tergantung pada cara memimpin, tapi bagaimana membangun sinergi dengan DPR Aceh dalam menyusun perencanaan pembangunan, anggaran, peraturan daerah dan fungsi pengawasan serta melibatkan semua komponen masyarakat.

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo atas nama Presiden Republik Indonesia melantik pasangan Irwandi Yusuf-Nova Iriansyah sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Aceh periode 2017-2022. Pengambilan sumpah jabatan dan pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur Aceh di hadapan Mahkamah Syariah dan berlangsung dalam rapat paripurna istimewa DPR Aceh.

Pengambilan sumpah jabatan dan pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur Aceh periode 2017-2022 tersebut dihadiri langsung Presiden Joko Widodo beserta Ibu Iriana Jokowi.

Presiden Joko Widodo beserta Ibu Negara Iriana Jokowi memberikan ucapan selamat kepada Irwandi Yusuf-Nova Iriansyah yang baru diambil sumpah jabatan dan dilantik sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Aceh periode 2017-2022 di gedung utama DPRA.

Pasangan Irwandi Yusuf dan Nova Iriansyah terpilih sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Aceh periode 2017-2022, setelah meraih suara terbanyak pada Pilkada 15 Februari 2017.

Dalam Pilkada 2017 itu, pasangan tersebut diusung Partai Demokrat, Partai Nasional Aceh, Partai Damai Aceh, Partai Kebangkitan Bangsa dan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).

Irwandi Yusuf sebelumnya pernah menjabat sebagai Gubernur Aceh periode 2007-2012. Sedangkan Nova Iriansyah sebelumnya juga pernah menjabat sebagai anggota DPR RI periode 2009-2014 daerah pemilihan Aceh. (ka)

- Advertisement -

Berita Terkini