Jalan Tol Binjai-Stabat Mulai Beroperasi Gratis 11 Februari 2022

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Langkat – Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) telah meresmikan operasional Jalan Tol Binjai – Langsa seksi 1 Binjai – Stabat sepanjang 11,8 kilometer pada kunjungan kerjanya ke Provinsi Sumatera Utara, Jumat (4/2/2022).

Menurut informasi yang mudanews.com dapat dari salah seorang pegawai PT HKI membenarkan Jalan Tol Binjai-Stabat itu mulai beroperasi tanpa tarif atau gratis pada pukul 07.00 WIB, Jumat (11/2/2022).

Kemudian, dilihat mudanews.com di Instagram @hktolindonesia, walaupun gratis, pengguna Jalan Tol yang melintas harus tapping menggunakan kartu uang elektronik.

“Siapa nih #Infrabuddies yang mau ikutan test drive di Ruas Jalan Tol Binjai – Langsa Seksi 1 (Binjai – Stabat)? Nah tol ini akan mulai beroperasi besok lho! Dan pastinya masih tanpa tarif selama masa sosialisasi,” tulis admin @hktolindonesia.

“Jangan lupa untuk tetap _tapping_ kartu uang elektronik, patuhi aturan lalu lintas dan protokol kesehatan yang berlaku ya. Salam SETUJU! Selamat sampai tujuan?” tulis admin.

Jalan Tol Binjai-Stabat Mulai Beroperasi Gratis
Foto: Tangkapan layar Instagram @hktolindonesia

Diberitakan sebelumnya, Presiden Jokowi pada pidatonya juga menyampaikan, terbangunnya tol ini turut membantu akses ke kawasan wisata Bukit Lawang Ecotourist Bahorok, kawasan wisata Tangkahan, dan kawasan wisata rohani Tuan Guru Babussalam di Tanjung Pura Kabupaten Langkat.

Termasuk untuk sektor pertanian, perikanan dan perkebunan turut merasakan kemanfaatan jalan tol.

Terhubungnya jalan tol dengan sentral sentral produksi, kawasan pariwisata, kawasan pertanian, kawasan perkebunan, dapat memberikan harga yang sangat kompetitif dalam struktur biaya komoditas, sehingga harga produk lokal mampu bersaing dengan produk impor.

“Kita ini sering kalah dengan produk impor karna harga barang kita terlalu tinggi, dan hal itu disebabkan biaya logistik dan biaya transportasi yang mahal,” ungkapnya.

Presiden Jokowi mengatakan bahwa jalan nasional yang terhubung antar provinsi akan menghubungkan sentra-sentra produksi yang ada di daerah, utamanya daerah yang memiliki potensi besar untuk dikembangkan dan membuka peluang usaha baru sehingga memberikan manfaat nyata bagi masyarakat sekitar diberbagai bidang kehidupan.

“Arahnya semuanya ke sana (peningkatan ekonomi rakyat), bukan hanya membangun fisik seperti ini, rakyat akan menikmati, petani akan menikmati, perkebunan akan menikmati, yang berkaitan pariwisata akan menikmati kalau itu disambungkan semuanya, jalan utama tol ini disambungkan dengan kawasan-kawasan produksi,” ungkapnya.

Selain meningkatan kecepatan dalam konektivitas antarkabupaten dan antarprovinsi, Presiden juga menambahkan bahwa kehadiran jalan tol tersebut diyakini akan memberikan kesempatan kepada pemerintah untuk mengembangkan potensi-potensi lain yang ada di daerah, termasuk potensi yang dikelola oleh masyarakat lokal. (red)

- Advertisement -

Berita Terkini