Desa Sigapiton Danau Toba, Bakal Jadi Desa Wisata Mendunia

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Toba Samosir – Presiden Jokowi – Wapres KH Ma’ruf Amin terus berupaya mengembangkan pariwisata Indonesia guna ingin mewujudkan Indonesia Maju.

Warga Desa Sigapiton, Kecamatan Ajibata, Kabupaten Toba Samosir, Provinsi Sumatera Utara menyambut baik keinginan pemerintah tersebut.

Kelompok Masyarakat Sadar Wisata, Hasian Simare-mare mengatakan Desa Sigapiton ditunjuk sebagai Desa Wisata bertaraf Internasional, tapi masih dalam perbaikan.

“Semua program ini akan dimulai Januari 2021, bakal dibangun toilet Internasional, parkiran, rumah sakit Internasional, dermaga akan dibenahi dan menara pandang,” ungkapnya, Jumat (25/9//2020).

Desa Sigapiton Danau Toba, Bakal Jadi Desa Wisat Mendunia
Wishnutama berada di Desa Sigapiton (Foto: tangkap layar instagram)

Sebelumnya, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Wishnutama Kusubandion Bersama Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi @kemenkomarves Bapak @luhut.pandjaitan merasa bahagia dapat berkunjung ke Desa Sigapiton dan melihat secara langsung progres pembangunan di wilayah Danau Toba.

Hal itu ditulis Menparekraf Wishnutama dalam akun instgram resminya pada 4 Maret 2020.

“Kami sangat mendukung pembangunan pariwisata dan ekonomi kreatif di kawasan Danau Toba yang manfaatnya akan dirasakan sepenuhnya oleh masyarakat,” tulis Wishnutama.

Dijelaskannya, Desa Sigapiton sendiri merupakan satu dari empat desa yang masuk sebagai Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Danau Toba. Di kawasan ini nantinya akan dibangun Toba Caldera Resort.

“Selain itu, pemerintah juga akan membangun Creative Hub sebagai sebuah ruang bagi talenta ekonomi kreatif setempat agar semakin optimal dalam berkarya dan dapat memanfaatkan potensi kunjungan Wisatawan,” paparnya.

Wishnutama membeberkan para pelaku kreatif nantinya bisa mengikuti berbagai kegiatan seperti workshop, showcase, dan beragam kegiatan lainnya di Creative Hub. Diharapkan tempat ini juga bisa menjadi destinasi wisata baru yang menarik bagi wisatawan.

“Kekaguman saya akan potensi kawasan ini semakin bertambah ketika mengunjungi SMA Unggul Del dan Institut Teknologi Del yang amat berpotensi melahirkan anak-anak Indonesia yang hebat nantinya. Saya optimis kita bisa bersama-sama menjadikan kawasan Danau Toba sebagai destinasi wisata populer bagi wisatawan baik dalam maupun luar negeri,” tulis Wishnutama. Berita Toba Samosir, red

- Advertisement -

Berita Terkini