Pekan Ini, Pasar Keuangan Akan Berada Dalam Fase Konsolidasi

Pekan Ini, Pasar Keuangan Akan Berada Dalam Fase Konsolidasi
Net/Ilustrasi

MUDANEWS.COM, Medan – Awal pekan ini ada beberapa sentimen positif yang akan menggerakan pasar. Khususnya dari beberapa sentimen dalam negeri seperti kepercayaan konsumen untuk berbelanja seiring dengan kebijakan skema new normal.

“New normal memang menjanjikan keyakinan berusaha dan konsumen mengalami kenaikan. Namun yang tak kalah penting adalah rilis data pertumbuhan ekonomi nasional yang menjadi salah satu pemicu penting dalam transaksi di pasar keuangan,” kata Analis Pasar Keuangan, Gunawan Benjamin, Senin (6/7/2020) di Medan.

“IHSG dibuka menguat 4.981,42. Dan sempat melompat di level 5.000. Namun sayangnya kinerja IHSG tidak bertahan lama saat berada di posisi 5.000 tersebut. Dan diperkirakan IHSG selama sesi perdagangan di awal pekan ini masih akan berkonsolidasi di kisaran 5.000,” imbuhnya.

Sampai pada saatnya nanti ada sentimen yang mampu menambah daya dorong bagi IHSG untuk menguat di atasnya. Pekan ini menjadi pekan yang krusial bagi pasar keuangan. Diyakini pasar keuangan masih akan berada dalam fase konsolidasi seraya menanti banyak data serta perubahan sentimen dari penyebaran corona.

“Selain IHSG, mata uang Rupiah juga mengalami penguatan di kisaran level 14.460 per US Dolar. Kinerja pasar keuangan kedepan akan dihadapkan pada satu kemungkinan besar. Yakni mampukah ekonomi nasional keluar dari jurang resesi setelah rilis data pertumbuhan ekonomi kuartal kedua nantinya,” jelas Gunawan. Berita Medan, Fahmi