Penutupan Perdagangan, IHSG Menguat dan Rupiah Melemah

Rupiah Menguat, IHSG Terpuruk
Net/Ilustrasi

MUDANEWS.COM, Medan – Menutup perdagangan sore ini, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup menguat di level 4.942,27 atau naik 0.34%. Kinerja IHSG membaik meskipun terlihat terkonsolidasi di bawah level psikologis 5000. Ada sentimen positif di pasar yang menjadi kabar baik, dimana China akan membeli lebih banyak produk pertanian dari AS. Setelah terjadi pembicaraan antara AS dan China di Hawai.

“Kebijakan tersebut memberi gambaran positif terkait dengan kemungkinan meredanya tensi hubungan kedua negara. Setelah sebelumnya banyak analisis yang menyatakan bahwa penjualan porduk pertanian di AS akan lebih banyak menguntungkan Presiden Trump disaat menjelang pemilihan,” ujar Analis Pasar Keuangan, Gunawan Benjamin di Medan, Jumat (19/6/2020).

Sementara itu, terang dia, mata uang rupiah diperdagangkan melemah di level 14.100 per US Dolar. Setelah selama sesi perdagangan Rupiah sempat melemah di kisaran level 14.175 per US Dolar.

Menjelang sesi perdagangan sore, Rupiah mampu berbalik mengurangi kerugiannya. “Di akhir perdagangan saya menilai kinerja pasar keuangan tanah air masih mampu menghadapi tekanan eksternal seiring memanasnya masalah geopolitik di banyak negara,” kata Benjamin.

Pekan depan, kata Benjamin, pasar sepertinya masih akan berfluktuasi dengan kemungkinan masih akan ada banyak sentiment yang sulit diprediksikan yang akan terjadi.

“Sentimen penyebaran Covid-19 akan tetap mendominasi pasar. Saya menilai volatilitas pasar keuangan masih akan tetap tinggi,” kata Benjamin. Berita Medan, red