Akhir Pekan Pasar Keuangan Menguat

Akhir Pekan Pasar Keuangan Menguat
Gunawan Benjamin

MUDANEWS.COM, Medan – Indeks harga saham gabungan atau IHSG kembali ditutup menguat 2% di level 4.623,42. Kinerja IHSG membaik diikuti dengan membaiknya kinerja mata uang Rupiah yang sejauh ini diperdagangkan menguat dikisaran level 16.430 per US Dolar.

Hal demikian diterangkan, Analis Pasar Keuangan, Gunawan Benjamin di Medan Jumat (3/4/2020).

“Kinerja pasar keuangan pada hari ini membaik seiring dengan membaiknya kinerja indeks bursa di Asia. Di akhir pekan ini pelaku pasar masih mengkuatirakan penyebaran corona. Walaupun pada saat ini pasar disisi lain juga menilai bahwa indeks saham yang melemah sejauh ini dinilai kemurahan. Walau demikian pelaku pasar masih mengkuatirkan manakala terjadinya tekanan yang dipicu oleh pandemic corona tersebut,” jelasnya.

Di akhir pekan ini, pasar juga dikejutkan dengan lonjakan kenaikan klaim pengangguran di AS yang mencapai 6.6 juta jiwa. Sekitar 23 kali lipat lebih banyak dibandingkan klaim di pertengahan bulan maret kemarin. Kenaikan jumlah angka pengangguran di AS tersebut memunculkan kemungkinan bahwa AS bisa saja menggelontorkan stimulus tambahan.

“Secara keseluruhan, volatilitas di pasar keuangan selama pekan ini membaik dengan diikuti technical rebound di pasar saham. Hanya saja pelaku pasar masih belum sepenuhnya percaya bahwa tekanan di pasar keuangan sudah mereda. Banyak yang masih mengkuatirkan bahwasanya masih ada kemungkinan terjadinya sentiment buruk yang bisa saja terjadi kapan saja,” ujar Benjamin. Berita Medan, red