Edukasi Dampak Gadget Bagi Anak, Masjid Istiqamah Gelar Kajian Ilmiah

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Aceh Tamiang – Badan Kemakmuran Masjid (BKM) Masjid Istiqamah Aceh Tamiang menggelar kajian ilmiah dengan tajuk “Gadget di Tangan yang Muda: Antara Manfaat dan Mudharat”, Jumat Malam, 15 Juli 2022.

Kajian ini menghadirkan pembicara yaitu Dedy Surya, M.Psi., Ketua Program Studi Psikologi Islam IAIN Langsa.

Dalam paparannya, Dedy menjelaskan bahwa kegandrungan generasi muda terhadap gadget dikarenakan gadget memberikan kelengkapan fasilitas yang diinginkan dan dibutuhkan anak-anak, terutama generasi Z dan generasi alpha.

Lebih lanjut, Dedy menjelaskan bahwa, selain berbagai manfaat yang ditawarkan oleh gadget, orang tua perlu mewaspadai dampak negatif dari gadget, seperti paparan pornografi, kampanye LGBT terselubung, serta adiksi terhadap game.

Selain itu, sambungnya, kesadaran akan pentingnya interaksi sosial anak dengan teman sebaya sembari terus membangun kehangatan hubungan antara anak dengan orang tua yang belakangan ini kian memudar juga mampu mereduksi ketergantungan anak terhadap gadget.

Edukasi Dampak Gadget Bagi Anak
Antusias Jemaah Masjid Masjid Istiqamah mengikuti Kajian Ilmiah (Foto: dok istimewa)

Ketua BKM Masjid Istiqamah, Dr Muhammad Nasir MA dalam sambutannya menyampaikan bahwa kajian-kajian ilmiah sangat dibutuhkan oleh para jamaah sebagai elemen komplementer dari kajian-kajian keagamaan.

Beliau menambahkan bahwa problematika masyarakat yang semakin kompleks tidak cukup hanya diselesaikan dengan pengajian agama saja, namun perlu dilengkapi dengan pendekatan-pendekatan ilmiah lainnya dengan berbagai pakar.

“Insya Allah, BKM Masjid Istiqamah berkomitmen untuk menjadikan Masjid Istiqamah sebagai masjid sentral destinasi keilmuan keislaman di Aceh Tamiang,” jelasnya. (red)

- Advertisement -

Berita Terkini