net/logo pemprovsu

 Laporan: Dhabit Barkah Siregar

MUDANews.com (Sumut) – Lelang jabatan eselon II atau Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (JPT Pratama) yang saat ini tengah digelar oleh Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) dinilai hanya sebuah sandiwara. Pasalnya jauh sebelum lelang dilaksanakan sejumlah nama diduga sudah di plot untuk menduduki jabatan tertentu.

Informasi diperoleh, Jum’at (24/2) sejumlah nama yang sudah diplot itu di antaranya adalah AKBP Suryadi Bahar menjadi Kaban Kesbangpolinmas Provsu, Irman DJ Oemar menjadi Kepala Bappeda Provsu.

Kemudian, Agus Triproyono jadi Kepala Biro Keuangan Provsu, Faisal menjadi Kabiro Umum, Drg Wahid Khusyairi menjadi Kadis Kesehatan Provsu, DR OK Henry menjadi Kepala Inspektorat Provsu, Ida Mariana menjadi Kadis Perkim Provsu.

Dari tahapan yang sudah dijadwalkan saat ini tengah berproses tahap wawancara dengan 9 Tim Seleksi. Dari 162 pejabat yang lolos administrasi yang lolos uji psikometri, hanya 83 pejabat.

Yang aneh lagi, DR OK Henry yang awalnya tidak lolos administrasi akhirnya lolos dan ikut seleksi wawancara. OK Hendry pada 3 Februari 2017 berumur 58 tahun. Sehingga sangat aneh jika beliau diluluskan oleh Tim seleksi.

Sementara, AKBP Suryadi Bahar saat ini merupakan perwira aktif di Polda Sumut, namun mendaftarkan diri menjadi Kaban Kesbangpolinmas Provsu.

Tes wawancara terhadap 83 calon pejabat eselon II Pemrovsu masih berlangsung. Setiap calon pejabat masuk ruangan untuk dites wawancara oleh panitia seleksi (pansel) diantara Sekda Provsu, Hasban Ritonga, RE Nainggolan, Kepala BKD Provsu. Tes wawancara dimulai sejak 21 Pebruari hingga 7 Maret 2017.

Sebelumnya, Pemprovsu telah mengumumkan hasil tes Psikometri Seleksi Terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (JPT Pratama). Hasil tes Psikometri Seleksi Terbuka JPT Pratama telah diumumkan melalui Pengumuman Nomor 800/5516/BKD/III/2017 tertanggal 17 Februari 2017 yang ditandatangani Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Utara (Sekdaprovsu), H Hasban Ritonga.

Dalam surat pengumuman itu, terdapat 83 orang yang lulus tes Psikometri Seleksi Terbuka JPT Pratama di lingkungan Pemprovsu.

Sekretariat Panitia Seleksi Terbuka JPT Pratama, Abdullah Khair Harahap membenarkan telah keluarnya pengumuman hasil tes Psikometri Seleksi Terbuka JPT Pratama di lingkungan Pemprovsu.

“Hasil tes psikometri sudah diumumkan, selanjutnya dilakukan seleksi tahap III yaitu wawancara,” kata Abdullah Khair Harahap.

Disampaikannya, ada 83 orang yang lulus sesuai dengan hasil pengumuman itu.

“Sudah banyak berkurang, banyak juga yang gugur. Dapat dilihat di website Pemprov Sumut www.sumutprov.go.id,” ujar Khair.

Dijelaskan Khair, tahapan selanjutnya dilakukan seleksi wawancara sesuai dengan jadwal. Seleksi tahap III atau wawancara, sebut Khair, dilakukan mulai Selasa 21 Februari 2017 sampai Selasa 7 Maret 2017.

Sebelumnya diberitakan, Pemerintah Provinsi Sumatera Utara melakukan Seleksi Terbuka JPT di lingkungan Pemprov Sumut untuk 19 Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD).

Sembilan belas SKPD yang dilakukan seleksi terbuka untuk posisi JPT Pratama nya, yaitu Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah, Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD), Kepala Bappeda, Kaban Kesbangpol Linmas, Inspektur, Kadis Tanaman Pangan dan Hortikultura.

Kemudian posisi Kadis Sumber Daya Air, Cipta Karya dan Tata Ruang, Kadis Kesehatan, Kadis Ketahanan Pangan dan Peternakan, Kadis Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Kadis Dinas Bina Marga dan Bina Kontruksi.

Selanjutnya Kadis Perumahan dan Kawasan Permukiman, Sekretaris DPRD, Kepala Biro Bina Perekonomian, Kepala Biro Pemerintahan, Kepala Biro Umum dan Perlengkapan, Kepala Biro Administrasi Pembangunan, Kepala Biro Otonomi Daerah dan Kerjasama, Kepala Biro Hubungan Masyarakat dan Keprotokolan. [pu]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here