Hari Pahlawan, Tengku Erry Minta Museum Negeri Sumut Berbenah

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Medan – Dalam rangka hari pahlawan, Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Tengku H T Erry Nuradi meminta Dinas Pariwisata Sumut selaku pengelola Museum Negeri Sumatera Utara melakukan berbagai perubahan dan inovasi. Tujuannya agar museum bisa menjadi salah satu tujuan wisata andalan sekaligus pusat informasi tentang sejarah Sumatera Utara.

Hal itu disampaikan Tengku Erry saat membuka pameran dalam rangka memperingati Hari Pahlawan dengan tema Semangat Pahlawan Dalam Mempertahankan Kemerdekaan di Museum Negeri Sumut Jaan Gedung Arca simpang Jalan HM Joni Medan, Senin (13/11/2017).

Erry mengatakan Museum Negeri Sumut pernah mendapat penghargaan museum terbaik nasional pada tahun-tahun sebelumnya, karenanya sudah sepantasnya kondisi museum semakin baik lagi. “Harusnya lebih baik lagi, prestasi dipertahankan, jangan justeru semakin menurun,” harap Erry.

Tengku Errry menyempatkan diri meninjau kondisi ruang-ruang dan display di dalam gedung museum. Tengku Erry memberikan tanggapan langsung terkait kondisi museum kepada Kepala Dinas Pariwisata Sumut Elisa Marbun. Dia juga meninjau ruang pameran peringatan Hari Pahlawan yang terletak di ruang pameran temporer di lantai dua gedung museum dan di ruang pameran tetap di lantai satu.

“Museum ini pernah menjadi museum provinsi terbaik nasional pada tahun 2016 kategori museum provinsi. Saya berharap kondisi museum terus mengalami peningkatan agar dapat menjadi salah satu tujuan wisata andalan,” ujar Erry.

Penataan display museum agar diperbaiki agar lebih asri dan enak dipandang mata sehingga lebih banyak mengundang pengunjung. “Mungkin bisa melibatkan konsultan yang berpengalaman dalam penataan museum sehingga bisa lebih baik tmpiannya, kesannya lebih asri dan enak dipandang, sehingga dapat lebih banyak mengundang pengunjung,” sebutnya.

Sementara itu Elisa Marbun mengatakan pihaknya terus mengupayakan peningkatan fasilitas penunjang dalam rangka meningkatkan mutu pelayanan serta jumlah kunjungan di museum. “Perlu kami laporkan bahwa museum saat ini memiliki mini theatre untuk sarana informasi bagi masyarakat khususnya anak sekolah dan museum berbasis daring atau online,” ujarnya.

Pada pameran yang dilaksanakan selama sebulan itu ditampilkan foto, lukisan dan benda-benda berkaitan dengan sejarah perjuangan mempertahankan Kemerdekaan RI. Gubsu dalam kesempatan itu memberikan tali asih kepada para pejuang serta bingkisan kepada keluarga para pahlawan nasional asal Sumut.

Kegiatan pameran dalam rangka Hari Pahlawan sendiri dihadiri Konjen Malaysia Amrizal Fadzli Rajali, serta keluarga para pahlawan asal Sumut diantaranya Letjen Jamin Ginting, FL Tobing, Amir Hamzah dan lain sebagainya.

Pameran tersebut digelar bekerjasama dengan Dewan Harian Daerah Badan Penggerak Pembudayaan Jiwa Semangat dan Nilai-ilai Kejuangan 45 Provsu, Museum Perjuangan TNI Kodam I/BB, Museum Pahlawan Nasional Jamin Ginting, Yayasan Museum Pers TWH, Ikatan Bentengn Huraba Brimob Podasu, Historical Sumut, LVRI, Persatuan Arek-arek Suroboyo dan Museum Tugu Pahlawan Nasional 10 November. Berita Medan, Ahmad

- Advertisement -

Berita Terkini