Kenduri Bersih Desa dan Pagelaran
Foto: Bupati dan Wakil Bupati, saat mengikuti acara Kenduri Bersih Desa.

MUDANEWS.COM, Tapteng – Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng), hadiri acara Kenduri Bersih Desa dan Pagelaran Budaya Jawa, Senin (28/8/2017), di Kelurahan Bajamas, Kecamatan Sirandorung, Kabupaten Tapteng.

Dalam sambutannya, Bupati Tapteng Bakhtiar Ahmad Sibarani mengaku, sangat tertarik dengan seni, budaya jawa yang dipersembahkan oleh masyarakat, dan berencana membangun balai seni di Kelurahan Bajamas.

“Persoalan pembangunan sudah barang tentu menjadi kewajiban kami untuk mensejahterakan seluruh masyarakat Kabupaten Tapteng. Saya sangat tertarik, tahun depan kita akan bangun balai seni, untuk melestarikan budaya dan seni disini,” ucap Bupati.

Sambungnya, perusahaan atau perkebunan harus memberikan kesejahteraan kepada masyarakat melalui CSR.

“Kebun atau perusahaan yang ada disini juga harus memberikan kesejahteraan kepada masyarakat, baik itu melalui bantuan CSR yang dimana saat ini kita akan menyerahkan sebanyak 250 sak beras kepada masyarakat,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Kenduri Bersih Desa dan Pagelaran Budaya Jawa, Dikan mengatakan bahwa kegiatan yang sedang dilaksakan itu merupakan warisan dari leluhur, yang dimana untuk membersihkan diri, hati dan juga lingkungan.

“Kegiatan ini dilaksanakan menyambut Hut RI ke-72, dengan mengenang jasa para pahlawan yang telah berjuang untuk kemerdekaan Republik Indonesia, dan membangkitkan semangat gotong royong,” katanya.

Sedangkan Lurah Bajamas, menjelaskan bahwa kegiatan Kenduri Bersih Desa dan Pagelaran Budaya Jawa, merupakan kegiatan tahunan yang dilaksanakan masyarakat Kelurahan Bajamas sejak Tahun 1987.

“Sejak Tahun 1987 sampai 2017 ini kami selalu melaksanakan kegiatan Bersih Desa dan Pagelaran Budaya Jawa, yang dimana sebelumnya ini dinamai dengan bersih dusun dan saat ini meningkat dengan nama Bersih Desa. Kegiatan ini sebagai warisan leluhur jawa,” jelasnya. Berita Tapteng, Arjuna 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here