Pencairan DD Kapal Merah Tahap I Mencapai Rp 160 Juta
Pjs kades Kapal Merah Samiyono

MUDANEWS.COM, Batu Bara – Realisasi perencanaan Dana Desa (DD) tahun 2019 tahap l mencapai Rp 160 juta. Persentase itu setara dengan aturan dan ketentuan, sesuai dengan tingkat kebutuhan dan rencana pembangunan yang telah di sepakati dalam musyawarah perencanaan pembangunan desa.

“Dana Desa yang sudah dikucurkan pemerintah dari total pagu anggaran DD tahap l tahun 2019 sebesar Rp 160 juta,” sebut Pjs Kepala Desa (kades) Kapal Merah Samiyono kepada MUDANEWS.COM di ruang kerjanya, Rabu (10/7/2019).

Menurut kades, DD merupakan dana yang bersumber dari APBN yang diperuntukan bagi desa. Dana ini digunakan untuk membiayai penyelenggaraan pemerintahan desa, pelaksanaan pembangunan desa, pembinaan kemasyarakatan, dan pemberdayaan masyarakat desa.

Penyerapan DD Kapal Merah kecamatan Nibung Hangus kabupaten Batu Bara, tahap l tahun 2019 dengan lingkup bidang pembangunan desa ada sekitar lima bidang pelaksanaan kegiatan pembangunan yang dilaksanakan seperti kegiatan pembuatan kucuran air di dusun sembilan, mck di dusun tiga, pengerasan badan jalan dusun sepuluh, pembangunan jalan dusun lima, dan penimbunan badan jalan di dusun lima menuju dusun delapan.

“Untuk mensukseskan pelaksanaan DD pemerintahan desa bersama Tim Pengelola Kegiatan (TPK), BPD, serta masyarakat kegiatan dilaksanakan secara swadaya, sehingga pembangunan di wilayah desa Kapal Merah akan berjalan sesuai harapan,” ujar Kades.
Berita Batu Bara. Erwin. S