Foto: Walikota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi ketika menghadiri pelantikan pengurus Dewan Pimpinan Daerah (DPD) LPM Kota Medan periode 2016-2021 di Gedung Dharma Wanita Jalan Rotan Medan, Kamis (24/8).
Foto: Walikota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi ketika menghadiri pelantikan pengurus Dewan Pimpinan Daerah (DPD) LPM Kota Medan periode 2016-2021 di Gedung Dharma Wanita Jalan Rotan Medan, Kamis (24/8).

MUDANEWS.COM, Medan – Walikota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi berharap agar Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) semakin memberikan pelayanan dan pemberdayaan kepada masyarakat. Sebab, tujuan umum dibentuknya lembaga ini untuk meningkatkan prakarsa dan swadaya masyarakat dalam menjalankan program pembangunan secara partisipatif.

Harapan ini disampaikan Walikota ketika menghadiri pelantikan pengurus Dewan Pimpinan Daerah (DPD) LPM Kota Medan periode 2016-2021 di Gedung Dharma Wanita Jalan Rotan Medan, Kamis (24/8).

Sebanyak 61 orang pengurus akan menjalankan lembaga yang dibentuk atas prakarsa masyarakat sebagai mitra pemerintah dalam menampung dan mewujudkan aspirasi masyarakat.

Menurut Walikota, partisipasi masyarakat yang akan dikembangkan melalui LPM ini mencakup aktifitas dalam merencanakan dan mengawasi pelaksanaan pembangunan, terutama di tingkat kelurahan. Oleh karenanya Walikota berpesan agar lembaga ini dapat menampung seluruh aspirasi di tengah-tengah masyarakat guna mempercepat terwujudnya kesejahteraan masyarakat.

Pria berdarah Melayu dan Mandailing ini selanjutnya menjelaskan, tugas lembaga yang dulunya bernama Lembaga Ketahanan Masyarakat Desa (LKMD) yakni menyusun rencana pembangunan yang partisipatif. Kemudian menggerakkan swadaya gotong royong serta melaksanakan dan mengendalikan pembangunan.

Atas dasar itulah usai dilakukannya pelantikan ini, Walikota mengingatkan kepada seluruh pengurus baru agar segera menjalankan fungsinya sebagai penampung dan penyalur aspirasi masyarakat dalam pembangunan. Lalu penanaman dan pemupukan rasa persatuan dan keasatuan masyarakat serta peningkatan kualitas dan percepatan pelayanan pemerintah kepada masyarakat.

“Di samping itu menumbuhkembangkan sekaligus menggerakkan prakarsa, partisipasi dan swadaya gotong royong masyarakat. Serta membantu pelaksanaan urusan pemerintahan, pembangunan, sosial kemasyarakatan dan pemberdayaan masyarakat,” kata Walikota.

Namun dalam melaksanakan seluruh kegiatan, Walikota berpesan pengurus DPD KPM Kota Medan harus tetap berpedoman dengan dasar hukum yang kuat, sehingga seluruh kegiatan dapat berjalan dengan lancar sesuai peraturan perundang-undangan berlaku.

“Mari kita besarkan dan mapankan organisasi LPM ini guna memberdayakan masyarakat Kota Medan menjadi masyarakat mandiri, berinovasi dan berkreatifitas tinggi, sebab LPM merupakan motor penggeraknya. Untuk itu saya berharap kepada seluruh pengurus yang baru dilantik nantinya dapat menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya, terutama dalam mengoptimalkan peran aktif masyarakat dalam pembangunan,” pesannya.

Pengurus DPD LPM Kota Medan dilantik langsung oleh Ketua DPD LPM Sumut, Drs H Hasan Said SP. Selain penyerahan bendera pataka, pelantikan juga ditandai dengan penyerahan SK Pelantikan kepada Ir H M Faisal Nasution selaku Ketua DPD LPM Kota Medan peridoe 2016-2021.

Usai pelantikan, Faisal dukungan penuh dari Walikota agar DPD LPM Kota Medan semakin dewasa dalam mewujudkan visinya yakni mempertegas sikap LPM sebagai mitra pemerintah dalam perencanaan pelaksanaan dan pengendalian pembangunan perkotaan dalam mewujudkan kemandirian LPM.

Sedangkan misinya, tegas Faisal, turut serta dalam mendorong peningkatan lapangan kerja serta menciptakan iklim usaha yang sehat dan kondusif. Selain itu melaksanakan kegiatan yang mampu memperkokoh persatuan dan kesatuan dalam bingkai NKRI.

“Kami akan menjadi garda terdepan dalam mendukung seluruh program pembangunan di Kota Medan,” tegas Faisal. (ka)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here