Rektor UMA, Kukuhkan PB IKA UMA Periode 2019-2023
Prof Dr Dadan Ramdan, Dedy Iskandar Batubara, Ihkwan Ritongan, H Suwandi Siregar, Muhammad Aswin serta pengurus PB IKA UMA Periode 2019-2023 foto bersama usai dikukuhkan

MUDANEWS.COM, Medan – Rektor Universitas Medan Area Prof Dr Dadan Ramdan MT MEng, Hari Sabtu (31/8/2019) bertepatan 1 Muharram 1441 H, mengukuhkan Pengurus Besar Ikatan Alumni Universitas Medan Area (PB IKA UMA) Periode 2019-2023.

Pada pengukuhan itu, turut hadir Kepala Kesbangpol Linmas Sumatera Utara Bapak Antoni Siahaan SE Atd MT mewakili Gubenur Sumatera Utara, Hopplen Sinaga SH MHum, mewakili Kejati Sumut, Wakil Ketua DPRD Ikhwan Ritonga SE MM, Kabid Pendidikan Mewakili Walikota Medan, Pejabat struktural se lingkungan UMA dan para undangan berlangsung dengan hikmat.

Rektor Univerasitas Medan Area usai mengukuhkan PB IKA UMA menyampaikan capaian, perkembangan, capaian dan prestasi yang telah diraih UMA baik iklim sistem perkuliahan, penelitian dan peran mahasiswa UMA yang sudah banyak berperestasi di tingkat nasional dan ini semua. “Sebagai wujud nyata upaya UMA dalam mempersiapkan SDM yang nantinya bisa berperan dalam dunia Kerja, berperan dalam Pembangunan bangsa serta persaingan global yang mau tidak mau UMA harus terus berbenah apalagi visi dan misi UMA menuju World Clas Universty,” jelasnya.

Menurut Prof Dadan, untuk meraih pencapaian itu alumni sangat berperan penting turut memajukan almamaternya berkontribusi memajukan sembari mengharapkan agar lahir alumni yang berkiprah di level nasional seperti Menteri. “Maka kehadiran PB IKA UMA untuk saling merajut kerjasama sebagai hubungan kemitraan akan semakin mudah meraih capaian-capaian itu,” harapnya.

Sementara Antoni Siahan SE Atd MT, Kepala Kesbang Linmas pol Prov Sumut mewakili Gubernur Sumatera Utara dalam sambutannya mengapresiasi Pengukuhan PB IKA UMA dalam mengisi pembangunan Sumatera Utara. “Karena apa yang ditorehkan UMA dan para Alumni UMA di Sumatera Utara telah dirasakan masyarakat Sumatera Utara maka tidak heran UMA merupakan Perguruan Tinggi terbaik di Sumatera Utara. Dengan adanya PB IKA UMA ini semakin membuka hubungan kerjasama antara Almamater juga dengan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara,” pintanya.

Wakil Ketua DPRD Kota Medan H Ihkwan Ritongan SE MM yang juga alumni UMA dalam sambutannya mengharapkan agar para alumni yang berjumlah 26.000 orang yang tersebar di seluruh Indonesia harus lebih meningkatkan peran sertanya dalam berbagai bidang, sambungnya, bila diberdayakan akan menjadi sebuah kekuatan besar dalam sumbangsih alumni terhadap pembangunan Nasional khususnya Sumatera Utara. “Agar sesegera mungkin PB IKA UMA berkerja, menyusun dan menjalankan program-program kerjanya, jangan usai dilantik tidak kedengaran lagi aktivitasnya,” pesan Ikwan Ritonga yang dikenal legislator pemilik surat suara terbanyak pemilu 2019 yang lalu, muda dan energik ini.

Pengukuhan tersebut juga diisi Orasi Ilmiah yang menghadirkan Senator atau DPD Sumatera Utara DR H Dedy Iskandar Batubara SSos SH MSP. Dalam orasinya dengan lugas, luwes, dan sarat makna mengemukakan agar peran alumni yang tersebar dimana-mana bisa merekatkan kebersamaan untuk meraih sukses bersama dan PB IKA UMA kiranya mampu melahirkan ide-ide besar sebagai sumbangsihnya pada bangsa dan negara.

“Ide-ide lahir tidak saja dalam lingkup formal namun terkadang ide-ide juga lahir dari diskusi-diskusi kecil informal maka PB IKA UMA kiranya dapat menunjukkan perannya dalam melahirkan ide-ide besar yang brilian terhadap bangsa dan negara, maka kebersamaan menjadi kunci dalam meraih kesuksesan,” kata Dedy Iskandar.

Ketua Umum H Suwandi Siregar SE didampingi Sekretaris Jenderal Drs Muhammad Aswin MAP usai dilantik mengemukakan sangat berterima kasih atas kehadiran para stakeholder dalam acara pengukuhan tersebut dan sebagai kepengurusan yang baru dilantik akan menjalin hubungan kemitraan dengan semua pihak baik almamater, pemerintah dan Masyarakat sendiri apalagi jumlah alumni yang sudah mencapai 26.000 berperan aktif dalam memajukan PB IKA UMA. “Dalam waktu dekat PB IKA akan melakukan konsolidasi dan menyusun program kerja baik jangka pendek maupun jangka panjang, termasuk menata (Data Base) Alumni agar memudahkan PB melaksanakan program-program kegiatannya,” pungkas H Suwandi. Berita Medan, red