Jelang Debat Pilbup Batu Bara, Mahasiswa :
Pasangan cabup dan cawabup Batu Bara 2018

MUDANEWS.COM, Batu Bara – Debat Pasangan calon Bupati Batu Bara sudah terdengar di kalangan Mahasiswa Kabupaten Batu Bara yang sedang menuntut Ilmu di Medan. Mereka berharap bisa hadir tanpa ada batasan kuota.

Namun, terdengar pula bahwa pihak KPU membatasi pendukung dari tiap calon masing-masing 25 orang. Tentu saja sebagian mahasiswa bertanya-tanya apakah mereka bisa menonton langsung tanpa batasan?

Debat dilakukan di Hotel Grand Mercure pada Senin (23/4/2018) Mendatang cukup mengundang Antusias Mahasiswa menyaksikan secara langsung siapa berkualitas dan berintegritas dalam membangun Batu Bara kedepan.

Hal ini mendapat tanggapan dari salah seorang Ketua Umum Kesatuan Mahasiswa Batu Bara (Kembar) yang sebentar lagi akan mengakhiri masa jabatannya, Irham mengatakan dengan dibatasinya pendukung calon oleh pihak KPU, tentu saja publik bertanya-tanya.

Tidak hanya itu, sambung Irham, Mahasiswa Batu Bara yang saat ini menuntut ilmu di medan juga bertanya-tanya apakah kuota mahasiswa ada batas untuk dapat melihat secara langsung debat yang baru pertama kalinya  terselengarakan KPU Batu Bara.

“Saya tidak tau pasti apa alasan KPU membatasinya. Akan tetapi, untuk mahasiswa saya fikir jangan sempat dibatasi, apa lagi nanti sempat tidak kasih masuk. Karena semangat mahasiswa sudah berapi-api untuk melihat debat secara langsung,” ujarnya.

Hal senada, dikatakan pula oleh salah seorang aktivis HMI Cabang Medan, Arif Rahman atau sapaan akrabnya “Kang Eman” untuk mahasiswa jangan dibatasi karena kita tahu peran mahasiswa adalah penyambung lidah rakyat dan Agent of control.

“Tidak semuanya para pendukung pasangan calon itu dari kalangan akademisi atau praktisi, jangan membuat mahasiswa daerah kuliah di kota buta akan informasi,” tandasnya.

Tidak cukup sampai disitu, kang Eman juga mengaskan bahwa mahasiswa sangat membutuhkan informasi yang jelas dan agar mahasiswa bisa lebih aktif dalam dunia politik, kemudian, mahasiswa Batu Bara jangan sampai tidak tahu dan apa yang di bicarakan oleh pasangan calon dan tidak semua mahasiswa mempunyai TV,” sindirnya.

Pada debat pertama, para paslon akan beradu argumen dan gagasan seputar visi misi yang meliputi pembangunan mulai dari aspek kesejahteraan, pelayanan publik, pembangunan infrastruktur, pendidikan, Kesehatan, Pemerataan Ekonomi, Lingkungan Hidup hingga pemberantasan narkoba, korupsi, dan pungli.

Debat publik Pilbup Batubara 2018 akan hadir Paslon nomor urut 1 ialah Harry Nugroho – Muhammad Syafi (NUSA). Paslon nomor urut 2 Darwis-Janmat (DARAJAT) paslon nomor urut 3 Zahir-Oky (ZAHROKY) dan nomor urut 4 Kahiril Anwar-Sofyan Alwi (KASI).

Debat publik pertama mulai pukul 15.00-16.30 WIB disiarkan langsung salah satu stasiun televisi swasta. Berita Batu Bara/MN