Ketua HKTI Sumatera Utara
Ketua HKTI Sumatera Utara

MUDANEWS.COM – Deli Serdang. Alat mesin pertanian (alsintan) jadi salah satu solusi meningkatkan efisiensi usaha petani. Guna memaksimal program lindung tani, HKTI (Himpunan Kerukunan Tani Indonesia) Provinsi Sumatera Utara mengembangkan ujicoba Alsintan untuk produksi padi dan ubi di Tanjung Morawa, Kamis 13/7/2019

Ketua DPP HKTI Sumatera Utara Syafrizal mengatakan Lindung tani Indonesia adalah program untuk petani yang memberikan kenyamanan dalam menjalankan usaha tani berupa pemberian bantuan pinjaman modal, pemberian gratis asuransi jiwa petani, gratis asuransi lahan petani, pengadaan saprodi , jaminan pemasaran, jaminan harga panen serta jaminan alsintan. Program ini  bertujuan untuk mensejahterakan petani indonesia.

uji coba alsintan padi
uji coba alsintan padi di Tg Morawa

Kita masih fokus pada produksi padi ubi dan jagung dalam program ini , saat ini kita sedang uji coba Alsintan dari PT. Firman untuk pengelolaan ubi kayu seluas 40 Ha dan padi,’’ tutur Syafrizal.

Sementara itu Koordinator Bidang Pengembangan program Erwin Ramadani, S.Pi menjelaskan program ini sudah berjalan 2 musim tanam di kabupaten Deli Serdang dan 1 musim tanam di Kabupaten Serdang Bedagai. Sedangkan untuk uji coba alat ini masih dilaksanakan di kabupaten Deli Serdang dan insya ALLAH akan terus berkembang keseluruh kabupaten/kota Se Sesumatera Utara. Jika uji coba maksimal maka nantinya alsintan ini akan kita operasikan untuk para petani yang ikut dalam progam lindung tani Indonesia HKTI Sumatera Utara,’’ tutur Erwin.

Koordinator Umum Program Adi Wisono menambahkan alasan HKTI Sumatera Utara mendorong alsintan, diantaranya adalah untuk efisiensi modal dan waktu serta untuk peningkatan hasil yang lebih.