Sosialisasi Kebijakan Program Keluarga Harapan (PKH) di Kota Tanjungbalai Tahun 2017

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Laporan: Wahyu Pajanitan
MudaNews.com, Tanjung Balai (Sumut) – Salah satu upaya dalam menanggulangi Kemiskinan khususnya dikota Tanjungbalai melalui Program Keluarga Harapan (PKH). Tujuan utama PKH dalam jangka pendek adalah membantu mengurangi beban pengeluaran KSM sedangkan untuk jangka penjang diharapkan akan memutuskan rantai kemiskinan.

Pelaksanaan Sosialisasi Kebijakan PKH dikota Tanjungbalai antara lain UU No 40 tahun 2004 tentang Sistem Jaminan Sosial, UU no 13 tahun 2011 tentang Penanganan Fakir Miskin, Perpres No 15 tahun 2010 tentang percepatan penanggulangan kemiskinan serta INPRES No 3 tahun 2010 tentang Program Pembangunan yang berkeadilan.

Wakil Walikota Tanjungbalai Drs.H.Ismail secara langsung menghadiri sekaligus membuka acara Sosialisasi Kebijakan PKH dikota Tanjungbalai tahun 2017 yang berlangsung di Aula II Kantor Walikota pada Senin (10/4).

PKH dikota Tanjungbalai dilaksanakan pertamakali dikota Tanjungbalai pada akhir tahun 2015, dengan memberikan bantuan dana dalam dibidang Kesehatan dan pendidikan. Sasaran utama dari Program ini yakni Ibu Hamil, ibu Menyusui, memiliki anak balita dan anak usia sekolah tingkat SD-SMP. Untuk tahun 2016 pelaksanaan PKH ditambah dengan program bagi Penyandang Disabilitas Berat dan Lanjut Usia (Lansia) 70 Tahun ke atas.

Wakil Walikota dalam Sambutannya menekankan pentingnya pelaksanaan Program PKH dikota Tanjungbalai yang tepat sasaran, tepat waktu dan tepat tujuan. Pada hakikatnya pelaksanaan PKH bersifat Komplementaritas yang berarti kesuksesannya sangat bergantung pada keterlibatan semua pihak. Tentunya hal ini bukan hal mudah mengingat kondisi kemiskinan masyarakat kita yang tidak hanya meliputi kemiskinan struktural namun juga meliputi kemiskinan kultural/mental. Saya berharap kepada kita semua yang hadir untuk aktif mengikuti kegiatan ini agar pemahaman tentang subtansi PKH baik teknis maupun non teknis dapat diserap secara baik dan diimolementasikan nantinya,ungkap Wakil Walikota.

Hadir dalam acara tersebut Tiga Narasumber dari Propinsi Sumatera Utara diantaranya Drs.Hendra Yudi M.Kes Kasubbid Kesehatan dan Kesejahteraan Rakyat (Bappeda Sumut), Artianus Purba Kasi Jaminan Sosial Keluarga (Dinas Sosial Propsu), Ivo Nilasari Koordinator Wilayah PKH Propsu, Kepala Bappeda Tanjungbalai Ahmad Solihin MM, Peserta Sosialisasi yang berasal dari Puskesmas, Sekolah se-kota tanjungbalai dan Organisasi Perangkat Daerah dilingkungan Pemerintah Kota Tanjungbalai.[rd]

- Advertisement -

Berita Terkini