Hubungan Surbakti dan Sembiring (Meliala/Melala)

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM – Kedekatan antara Orang Kaya Sunggal Surbakti  (belakangan disebut Datuk Sunggal, Surbakti) dengan Orang Delitua Sembiring Meliala ini pernah dicatat oleh  Jhon Anderson tahun 1823 dalam Mission to east Coast. Disebutkan oleh Anderson, saat akan menemui Orang Kaya Sunggal, dirinya lebih dahulu disambut  kepercayaan  Orang Kaya Sunggal yakni Datu Melala (Sembiring Meliala).

Selain Datu Melala, satu lagi orang kepercayaan Datuk Sunggal lainnya yakni Tuanku Melala. Jika melihat sejarah Silsilah Surbakti, maka Orang Kaya Sunggal yang ditemui Andersen itu tentulah Datuk Amar Laut Surbakti (1821 – 1845). Untuk nama Datu Melala dan Tuanku Melala  yang merupakan sepupu/kalimbubu Datuk Sunggal ini, penulis masih menyusuri silsilah keluarga Sembiring Meliala.

Dari makam Raja Gel-gel Sembiring Meliala yang merupakan adik kandung dari Raja Bagian Sembiring Meliala,dan wafat tahun 1947 dipengungsian saat terjadinya revolusi sosial,  diketahui jika Delitua merupakan salahsatu daru Urung di Kerajaan Deli. Pada makam Gel-gel itu jelas tertulis Kesusuren Delitua (Kejuruan Delitua). Raja Bagian yang ikut dalam perang Sunggal dan dibuang Belanda ke Pulau Sicanang (Belawan, red) belum dapat ditemukan.

Pieter Sembiring Meliala salahsatu kerabat Raja Bagian dan Raja Gel-gel, kepada penulis menginformasikan, sebutan Delitua diberikan kepada mereka sebagai penghormatan karena merekapun dianggap kerabat (sepupu,Surbakti) yang merupakan Mertua Raja Deli Gocah Pahlawan.

Menurut Pieter, dari keterangan para orangtuanya dahulu, Raja Bagian dan Raja Gel-gel dimasa kolonial setiap tahunnya  selalu menyambangi saudara mereka di Deli (Maimun) dengan membawa hasil bumi dan pertanian serta perkebunan. Bawaan tangan tersebut ujar Pieter bukan diartikan sebagai Upeti dari negeri taklukan kepada penjajahnya, namun merupakan wujud kekerabatan saat kerabat membawa buah tangan kepada saudara yang dikunjunginya.

Sumber :Pieter Sembiring Meliala kerabat Raja Bagian dan Raja Gel-gel, yang turun temurun selama ratusan tahun menjaga kawasan Benteng Aru Delitua.  (alf-mael)

- Advertisement -

Berita Terkini