Catatan Doeloe-doeloe, Nang Baluan Surbakti

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM – Para pemikir Francis selalu merapal bunyi l’histoire se répète  (sejarah kerap berulang), sebagai bukti bahwa garis keturunan dan kekerabatan di muka bumi tidak pernah terputus. Dan kita perlu mencatat hubungan kekerabatan dan persaudaraan itu, sebagai bukti kekuasaan Yang Maha Esa atas ciptaannya yang bernama manusia. Hingga tak perlu ada keakuan, ataupun klaim kesukuan sempit. Kita mencatat masa lalu, hari ini dan masa depan sebagai bahan perbandingan bagi perkembangan peradaban,karena sejarah akan selalu berulang.

Nang Baluan (Nang Bulan) Surbakti adalah putri dari Adir Surbakti (1529-1561). Adir mendirikan perkampungan  Sembuaikan di kaki Gunung Sibayak dan diberi nama Songgal (Sunggal). Sunggal masa itu merupakan kerajaan terkuat yang menguasa bekas-bekas dan reruntuhan Kerajaan Aru II di Delitua. Sebelumnya pada Tahun 1523, Adir Surbakti menjadi muslim, dan disyahadatkan oleh Datuk Kota Bangun.

Adir Surbakti adalah anak dari Gadjah Surbakti, yang membuat perkampungan di Sitelu Kuru dan dinamakan Kampung Gadjah.  Dengan demikian, tidak heran apabila terjadi hubungan yang erat antara masyarakat di Sitelu Kuru, Penghulu Gadjah, Penghulu Lingga, dan marga Surbakti. Selain Adir Surbakti, Gadjah Surbakti punya dua anak lagi yakni Ator Surbakti, dan Nangmelias Br Surbakti.

Nang Baluan Surbakti putri jelita Adir Surbakti ini mempunya 9 saudara laki-laki, yang dua diantaranya bernama  Mahbub Surbakti dan Borang Surbakti.

Tahun 1632 Panglima Gocah Pahlawan atau Panglima Khoja Bintan yang merupakan perwakilan Raja Aceh, menyunting Nang Baluan Surbakti dan kelak menjadi cikal bakal Kerajaan Deli dan Serdang.

Guna mengikat persekutuan lewat pernikahan yang menjadi persaudaraan ini lahirlah Konfederasi Deli. Hubungan kekeratabatan diantara urung-urung (kejuruan, bahasa Karo Kesusuren), ini diikat dalam sebuah kesatuan dan Sunggal berperan sebagai Ulon Janji. (penulis belum mendapat informasi dan keterangan siapa yang mengucapkan Ulon Janji pertama dalam Konfederasi Deli ini mewakli Sunggal ini dari urung-urung lainnya, apakah Mahbub Surbakti atau Borang Surbakti saudara lelaki Nang Baluan. Namun dapat dipastikan, pengucap Ulon Janji bukan Adir Surbakti yang merupakan Mertua Gocah Pahlawan).

#(disarikan dari Catatan Silsilah Keluarga Surbakti karya Allah Yarham Khairil Anwar Surbakti S.Sos dan catatan Allah YarhamT. Lukman Sinar

- Advertisement -

Berita Terkini