Tanggul Sungai Wampu Hendak Pecah, Gubsu Janji Perbaiki

Tanggul Sungai Wampu Hendak Pecah, Gubsu Janji Perbaiki
Tanggul Sungai Wampu Langkat

MUDANEWS.COM, Langkat – Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi pernah datang ke Masjid tertua di Kabupaten Langkat yakni Masjid Jaya Ar Rahman memiliki peninggalan Sejarah kerajaan Bingai yang terletak di Kelurahan Bingai Kecamatan Wampu pada Rabu (28/11/2018) silam.

Salah seorang warga Muhammad Fadli mengungkapkan, Gubsu Edy pernah berjanji akan memasang penerangan dan paku bumi untuk sungai, pernah berjanji akan mengaspal jalan, sambungnya, sudah diukur.

Tanggul Sungai Wampu Hendak Pecah, Gubsu Janji Perbaiki
Gubernur Sumut Edy Rahmayadi saat berkunjung ke Sungai Wampu Langkat pada akhir Tahun 2018

“Tapi, lihatlah sekarang, belum ada yang diperbaiki,” kesalnya saat dihubungi mudanews.com melalui telepon seluler, Kamis (21/5/2020).

Kini, Sungai Sei Wampu kelurahan bingai Kecamatan Wampu Kabupaten Langkat mengalami longsor akibat erosi air Sungai Wampu pada setiap musim penghujan.

Hal itu dikatakan Nur Muhammad Fadil dalam postingan facebooknya dilihat mudanews.com pada Rabu (20/5/2020).

“Kawasan itu terancam bahaya longsor jika benteng itu jebol dan air Sungai Wampu menggenangi perkampungan maka akan terjadi banjir dan di tambah lagi alat pengukur ketinggian air digital yang dapat mengukur ketinggian air serta suhu kedalaman air hingga 100 kaki atau lebih. Alat ini mampu mengukur dan memantau ketinggian air di sungai Wampu kini telah tenggelam di akibatkan longsor,” jelas mahasiswa itu.

Fadil menjelaskan, karena sewaktu-waktu benteng itu bisa mengancam kehidupan masyarakat kelurahan bingai persoalan benteng ini tak bisa dibuat main-main, harus serius dan ditangani secepatnya.

Tanggul Sungai Wampu Hendak Pecah, Gubsu Janji Perbaiki
Tanggul Sungai Wampu Hendak Pecah

“Saat ini situasi sangat memprihatinkan dan mengancam nyawa masyarakat. Oleh karenanya, diminta kepada Pemprovsu segera menangani perbaikan benteng yang sudah mendekati permukiman warga kelurahan bingai,” tegasnya.

“Kami atas nama masyarakat kelurahan bingai memohon perhatian Pemkab Langkat maupun Pemprovsu, agar segera turun tangan memperbaiki /menanggani benteng kami yang sudah sangat memprihatinkan dan sekarang sedang mengancam jiwa kami ini,” harapnya. Berita Langkat, red