BP Keluarga Bupati Langkat Langsung Jadi Kabid, Ini Kata Pengamat

BP Keluarga Bupati Langkat Langsung Jadi Kabid, Ini Kata Pengamat
Ok Henry

MUDANEWS.COM, Medan – Oknum Kepala Bidang Mutasi dan Promosi Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Langkat Provinsi Sumatera Utara berinisial BP diduga langsung menjabat sebagai Kabid. Ternyata ia dugaan Keluarga Bupati Langkat, BP yang dulunya PLS (Penilik Luar Sekolah) di Dinas Pendidikan Kabupaten Langkat langsung mendapat jabatan sebagai Kepala Bidang Mutasi dan Promosi BKD Kabupaten Langkat.

Pengamat Pemerintahan Ok Henry memaparkan dalam Peraturan BKN No 5 Tahun 2019 menjadi acuan baru untuk Mutasi Antar Instansi.

Dijelaskannya, mutasi dilakukan apabila terdapat kebutuhan akan suatu jabatan. Untuk mengetahui kebutuhan jabatan diperlukan Analisis Jabatan (Anjab) dan Analisis Beban Kerja (ABK).

Sepanjang Kepala Daerah harus mengutamakan nilai-nilai profesionalitas. “Dalam proses assesment dan rekruitment guna mencapai pemerintahan yang bersih dan berwibawa bebas KKN (Korupsi Kolusi Nepotisme-red),” pungkas Mantan Kepala Inspektorat Pemprov Sumut ini ┬ákepada mudanews.com melalui pesan Whatsapp di Medan, Kamis (7/8/2020).

Sekretaris BKD Kabupaten Langkat, Budi, tidak mengetahui rekam jejak BP. “Tapi rekam jejak dari awal saya tidak tahu, tetapi terkonfirmasi PLS dipanggil,” ungkap Budi.

Ia menjelaskan, BP pejabat Struktural tidak mengikuti jenjang. “Asal golongan dia memenuhi syarat, itu utamanya bisa,” katanya. Berita Medan, red