Ketua Komda Lansia: Jangan Pernah Lupakan Hak dan Pengabdian Lansia

Ketua Komda Lansia: Jangan Pernah Lupakan Hak dan Pengabdian Lansia
Ketua Komda Lansia Kabupaten Sigi, Provinsi Sulawesi Tengah, Paulina (duduk/tengah) bersama para Lansia dalam rangka peringatan HLUN Lansia 2020, beberapa hari lalu.

MUDANEWS.COM, Sigi – Usia boleh tua, tapi tak menjadi halangan untuk produktif dan beraktivitas. Berbekal pengetahuan dan pengalaman sejak muda dulu, ayo tetap ambil bagian dalam mengembangkan diri dan berperan di masyarakat. Apalagi, negara telah menjamin untuk memperhatikan hak para Lansia.

Suntikan semangat dan perhatian disampaikan Ketua Komda Lanjut Usia (Lansia) Kabupaten Sigi, Provinsi Sulawesi Tengah, Paulina SE, M.Si, saat bertemu para Lansia di daerah itu baru-baru ini. Kehadiran Paulina dalam rangka peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) Tahun 2020 yang diperingati setiap tanggal 29 Mei.

Kepada para Lansia di Kabupaten Sigi khususnya, Paulina berharap jangan pernah merasa minder untuk memberi kontribusi bagi kemajuan daerah. Sumbangsih pemikiran, pengetahuan dan pengalaman dari Lansia, masih dibutuhkan dalam pemecahan setiap masalah dan kendala pembangunan daerah.

“Kepada para orang-orang tua ku di Sigi, ayo bantu saya sebagai Ketua Komda Lansia untuk menjalankan tugas ketua ini. Kemudian, bantu juga saya sebagai Wakil Bupati dalam memajukan Sigi ke depan yang lebih baik,” pinta Paulina.

Sigi ke depan, butuh peran kaum millenial, pemuda dan pemudi, kaum perempuan, serta tokoh lintas sektoral. Tapi, keikutsertaan Lansia juga tak boleh dinafikan. Dan sebagai Ketua Lansia Sigi, Paulina menegaskan jaminan ruang peran bagi Lansia dalam memberi sumbangsih untuk Sigi yang maju dan sejahtera di tahun-tahun mendatang.

“Seperti kata proklamator kita, Bung Soekarno, jangan sekali-kali melupakan sejarah atau “jas merah”. Menurut saya Lansia adalah bagian dari sejarah,” kata Wabup Sigi ini.

Dan pada tahun ini, tema hari ulang tahun Lansia ke 24 yaitu negara hadir untuk Lanjut Usia. Tema ini menyiratkan bahwa inilah salah satu bentuk penghargaan dan penghormatan kepada Lansia. Sebab, Lansia telah memberi pengabdian dan kearifan bagi keluarga, masyarakat, bangsa dan negara.

“Dalam Undang-undang Nomor 13 Tahun 1998 pada pasal 5 disebutkan, Lanjut Usia diberikan hak untuk meningkatkan kesejahteraan sosial. Ini juga sejalan dengan peringatan HLUN. Peringatan HLUN tak lain wujud hadirnya negara maupun daerah serta masyarakat, dalam pemenuhan hak-hak lanjut usia,”ungkap Paulina yang juga Ketua Partai Gerindra Kabupaten Sigi ini.

Peringatan HLUN, katanya, juga bertujuan membangun kesadaran di kalangan generasi muda guna mempersiapkan diri kelak, sebelum memasuki periode lanjut usia. Dan yang tak kalah penting, juga sebagai upaya mengajak masyarakat agar lebih memiliki rasa peduli dan hormat terhadap orang yang lebih tua.

Paulina pun tak lupa menyampaikan bahwa momen peringatan HLUN Lansia tahun ini, berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Dimana tahun ini, Indonesia dan bahkan dunia sedang menghadapi Pandemi Covid-19, sehingga bentuk negara hadir untuk Lanjut Usia diimplementasikan dengan memberi perhatian khusus dalam bentuk bantuan-bantuan sosial.

“Semoga bantuan ini bisa meringankan beban Lansia di masa Pandemi saat ini. Saya juga mengingatkan untuk senantiasa menerapkan pola hidup bersih dan sehat dalam menyongsong masa new normal,”demikian imbau Paulina. Berita Sigi, red