Gunung Semeru, Keluarkan Guguran Awan Panas

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Lumajang – Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur mengeluarkan guguran awan panas dengan jarak luncur sejauh 2 KM. Guguran awan panas ini mengarah ke wilayah Besuk Bang.

Guguran awan panas tersebut terjadi sekitar pukul 06.08 Wib dan terekam seismograf Pos Pengamatan Gunung Api (PGA) Semeru dengan Amplitudo maksimum 7 mm dan lama gempa 300 detik. Meski begitu, status Gunung Semeru masih waspada level 2.

“Gunung Semeru hari Jumat pagi mengeluarkan guguran awan panas dengan jarak luncur 2 KM mengarah ke besuk bang. Status Gunung Semeru masih waspada level 2,” ujar Kabid Pencegahan Kesiapsiagaan dan Logistik BPBD Kabupaten Lumajang, Wawan Hadi Siswoyo kepada detikcom Jumat (17/4/2020).

Petugas, jelas dia, mengimbau masyarakat agar tidak melakukan aktivitas dalam radius 1 KM Mulai dari kawah aktif. Dan di wilayah sejauh 4 KM di sektor lereng selatan-tenggara, wilayah bukaan kawah aktif Gunung Semeru (Jongring Seloko) sebagai alur luncuran awan panas guguran.

Selain itu, masyarakat yang bermukim di bantaran sungai dan beraktivitas di wilayah Besuk Kembar, Besuk Kobokan dan Besuk Bang agar, untuk mewaspadai ancaman bahaya aliran lahar.

“Kami mengimbau masyarakat untuk tidak melakukan aktivitas di wilayah sejauh 4 KM serta mewaspadai ancaman bahaya lahar,” pungkas Wawan.

Sumber : detik.com

- Advertisement -

Berita Terkini