Pariwisata Jadi Industri Primadona di Indonesia

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANews.com, Bandung (Jabar) – Perkembangan dunia pariwisata sangat menjanjikan baik dari sisi pengembangan karier maupun penerimaan negara. Meskipun krisis global terjadi beberapa kali, jumlah perjalanan wisatawan internasional tetap menunjukkan pertumbuhan yang positif.

“Industri pariwisata jadi primadona di Indonesia. Menjadi favorit karena tidak akan habis bahkan makin berkembang. Karena itu dibutuhkan tenaga-tenaga kepariwisataan yang kompeten di bidangnya,” ujar Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Asman Abnur memberikan ceramah pada wisuda di Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Bandung, Senin (13/03).

Untuk itu, Menteri Asman mengatakan bahwa kehadiran para alumni STP Bandung menjadi sangat penting dan strategis dalam pengembangan pariwisata Indonesia. Meningkatnya destinasi dan investasi pariwisata, menjadikan pariwisata sebagai faktor kunci dalam pendapatan ekspor, penciptaan lapangan kerja, pengembangan usaha, dan infrastruktur.

Hal ini diamini Menteri Pariwisata Arief Yahya. Dirinya mengatakan bahwa untuk Indonesia, pariwisata sebagai penyumbang PDB, devisa, dan lapangan kerja yang paling mudah dan murah.

Selama ini, sektor pariwisata Indonesia telah menyumbangkan 10% PDB nasional, dengan nominal tertinggi di ASEAN. PDB pariwisata nasional tumbuh 4,8 % dengan tren kenaikan sampai 6,9%. Angka pertumbuhan tersebut jauh lebih tinggi daripada industri agrikultura, manufaktur otomotif, dan pertambangan.

Di samping itu, devisa dari sektor pariwisata telah menghasilkan PDB sebesar USD 1,7 Juta atau 170%, tertinggi dibanding industri lainnya. Sektor pariwisata berada pada peringkat ke-4 penyumbang devisa nasional, sebesar 9,3% dibandingkan industri lainnya. Sedangkan dari aspek tenaga kerja, maka dapat dilihat sektor pariwisata telah membuka bagi 9,8 juta lapangan pekerjaan atau sebesar 8,4% secara nasional dan menempati urutan ke-4 dari seluruh sektor industri.

Peningkatan sektor pariwisata untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat perlu terus dibangun dan dikembangkan. Berbagai hambatan dan tantangan dalam pengembangan pariwisata Indonesia yang sering ditemui harus dapat diminimalisasi.

Sebagai alumni STP Bandung yang memang memiliki kualifikasi dan kompetensi di bidang kepariwisataan dipandang memiliki posisi penting dalam pengembangan pariwisata Indonesia baik lokal, nasional, regional, maupun internasional. Menteri Asman berharap tidak hanya di sektor pariwisata yang dapat ditingkatkan kompetensinya, namun juga di sektor lain sehingga Indonesia dapat mencetak SDM yang berkualitas. “Jangan cuma ngirim pembantu aja, tapi Indonesia juga harus buktikan dengan mengirim tenaga profesional,” imbuh Menteri PANRB Asman Abnur.

Menteri Pariwisata Arief Yahya juga mengimbuhkan bahwa bangsa Indonesia harus hebat di luar negeri.[am]

- Advertisement -

Berita Terkini