Ancaman Teror Buyarkan Pembukaan Festival Musik Rock Jerman

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Berlin –  Puluhan ribu pengunjung festival musik Rock am Ring di Nuerburg, Jerman dievakuasi. Penyelenggara konser dan polisi setempat menyebut langkah tersebut dilakukan karena ada potensi ancaman teror pada acara tersebut.

“Penyelenggara Rock am Ring berkoordinasi dengan polisi menangguhkan festival untuk hari ini (Jumat waktu setempat),” kata salah satu polisi Koblenz dalam sebuah pernyataan seperti dikutip dari CNN, Sabtu (3/6).

“Hal itu berdasar pada bukti konkret dari kemungkinan ancaman teror. Penyelidikan saat ini sedang berlangsung.”

“Karena serangan terbaru pada konser di Manchester, konsep keamanan untuk Rock am Ring dimodifikasi sedemikian rupa. Jumlah petugas keamanan ditambah secara signifikan menjadi sekitar 1.200. … Tapi karena potensi ancaman belum dapat ditangani, maka dilakukan langkah-langkah pencegahan segera.”

Bom di arena konser Ariana Grande Manchester pada 22 Mei merenggut nyawa 22 orang tewas dan 59 lainnya terluka.

Menurut pengakuan saksi mata, Nathalie Muckhoff yang sedang meliput festival untuk sebuah koran Jerman, proses evakuasi berlangsung dengan tenang.

“Tidak ada rasa takut atau panik,” kata wanita 26 tahun itu. “Aku bisa melihat mereka meninggalkan area di depan panggung utama dan festival dengan sangat tenang.”

Dalam video yang beredar, juga terlihat para penonton konser berjalan keluar arena festival sambil bernyanyi dan berteriak-teriak.

Festival musik cadas Rock am Ring di Jerman ini berlangsung pada Jumat hingga Minggu, 1 sampai 4 Juni 2017. Digelar di sebuah arena balap mobil.

Pasca-pembatalan pertunjukan akibat ancaman teror, penyelenggara festival berharap acara itu bisa dilanjutkan pada hari Sabtu.

Menurut informasi yang diposting di Facebook, Rammstein dan Liam Gallagher dijadwalkan tampil pada Jumat. Sementara Die Toten Hosen hari Sabtu dan System of a Down tampil Minggu.

“Karena ancaman teror itu, polisi mengimbau kami untuk menunda festival,” kata penyelenggara dalam sebuah pernyataan. “Kami meminta semua pengunjung festival untuk meninggalkan arena. Kami harus mendukung penyelidikan polisi.”

Semua pengunjung akan terus diberi informasi setiap perkembangan pada jaringan sosial media, radio dan penyelenggara Rock am Ring. (ka)

- Advertisement -

Berita Terkini