Menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat di Masa Pandemi Covid-19

Menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat di Masa Pandemi Covid-19
Rini Widi Afuza

MUDANEWS.COM, Medan – Virus Corona pertama kali ditemukan di Wuhan, Ibu kota Provinsi Hubei China dan sejak itu menyebar secara global di seluruh dunia. Virus Corona atau Covid-19 adalah penyakit menular yang disebabkan oleh sindrom pernapasan coronavirus 2 atau disebut SARS-CoV-2.

Virus Corona masuk ke Indonesia pada bulan maret untuk pertama kalinya. Diumumumkan awal maret sudah ada 2 kasus pasien yang positif Corona. Virus Corona ini bisa menyebabkan gangguan ringan pada sistem pernapasan, infeksi paru-paru hingga kematian.

Virus ini bisa menyerang siapa saja, seperti lansia, orang dewasa, anak-anak, bayi, bahkan ibu hamil dan ibu menyusui. Jumlah kasus positif Corona di Indonesia hingga 3 Agustus 2020 adalah 111.455 orang dengan jumlah kematian 5.236 orang dengan persentase 4,7% tingkat kematian akibat virus corona ini

Sampai saat ini vaksin untuk mencegah dan obat khusus untuk mengobati virus ini belum ditemukan. Maka satu-satunya cara yang paling efektif adalah dengan menerapkan pola hidup bersih dan sehat (PHBS).

Perilaku hidup bersih dan sehat ini bertujuan untuk lebih menyadarkan diri kita sendiri akan pentingnya menjaga kesehatan, dengan slogan yang sering kita dengar yaitu “Mencegah lebih baik daripada mengobati” tetapi terkadang masyarakat sulit untuk menjaga kesehatannya dan lebih menganggap bahwa perilaku hidup bersih dan sehat ada hal yang sepele untuk dilakukan. Padahal menerapkan pola hidup bersih dan sehat (PHBS) ini sangat dianjurkan di masa pandemi Covid-19 ini. Maka dari sekarang marilah kita sama-sama menerapkan pola hidup bersih dan sehat dengan menerapkan beberapa hal sebagai berikut :

1. Mengkonsumsi makanan bergizi

Mengkonsumsi makanan bergizi dimana bisa diartikan yaitu konsumsi makanan yang sehat. Konsumsi makanan yang sehat bisa dengan sayuran hijau dimana sayuran hijau menempati urutan pertama dalam jenis makanan sehat karena mengandung banyak nutrisi seperti serat, vitamin A, vitamin C, kalsium dan zat besi yang baik untuk kesehatan. Selanjutnya bisa mengkonsumi buah-buahan seperti pisang, dan apel. Daging dan telur juga salah satu makanan sehat yang tinggi protein.

2. Olahraga teratur

Olahraga teratur merupakan solusi tepat untuk menjaga kesehatan tubuh dan dapat menangkal masuknya virus pada tubuh kita. Olahraga tidak harus diluar rumah, didalam rumah juga kita bisa melakukannya.

3. Perbanyak minum air putih

Air putih yang bebas kalori dan gula merupakan pilihan paling sehat demi menjaga kesehatan tubuh tetap memiliki cairan yang cukup. Konsumsi air putih yang disarankan yaitu sekitar 7-8 gelas berukuran 230 ml per hari atau total 2 liter per hari.

4. Rajin mencuci tangan

Cuci tangan dengan sabun adalah cara terbaik untuk menghentikan penyebaran kuman. Minimal 20 detik untuk mencuci tangan hingga bersih dan efektif. Kebiasaan yang sederhana ini terbukti berperan penting untuk mencegah penularan virus Corona. Namun perlu kita ingat bahwa mencuci tangan dengan sabun yang mampu menghilangkan bakteri atau kuman serta menurunkan faktor risiko terkena penyakit, dibandingkan cuci tangan menggunakan air saja tidak efektif.

5. Selalu memakai masker

Memakai masker ketika hendak keluar rumah juga salah satu pilihan yang baik untuk memutuskan mata rantai penularan Covid-19 tersebut. Karena virus Corona menular melalui percikan air liur atau percikan ketika kita batuk atau orang lain yang bisa saling menularkan virus Corona.

6. Istirahat yang cukup

Istirahat cukup dengan anjuran tidur 7-8 jam adalah hal penting untuk kita lakukan dan bisa kita terapkan agar stamina tubuh tetap sehat. Jangan sering begadang karena begadang atau kurang tidur akan mengakibatkan tubuh kita rentan dua kali lipat terkenan penyakit.

7. Menjaga kebersihan lingkungan

Di mana menjaga kebersihan lingkungan dimasa pandemi Covid-19 ini kita bisa melalukannya dengan menyeprotkan disinfektan di sekitar rumah kita. Bisa kita lakukan di pagar rumah, diteras rumah, di kendaraan pribadi, dan di dinding rumah. Tapi, tidak dianjurkan disemprotkan di tubuh manusia ya.

8. Hindari berkerumun dan selalu jaga jarak

Virus corona ini terlalu cepat penularannya apabila kita terkenan paparan virus Covid-19 ini di bagian tubuh kita. Salah satunya kita juga menjaga agar tidak berkerumunan atau berkumpul beramai ramai agar paparan virus Corona ini tidak menyebar. Dengan anjuran pemerintah yaitu “social distancing” atau selalu jaga jarak minimal 1 meter.

Penulis : Rini Widi Afuza (Mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat Peminatan Administrasi Kebijakan Kesehatan Peserta KKN-DR 2020 UIN-SU)