Soal Pengkritik Utang Negara, Rizal Ramli Terima Tantangan Luhut Debat Terbuka

Soal Pengkritik Utang Negara, Rizal Ramli Terima Tantangan Luhut Debat Terbuka
Ekonom senior Rizal Ramli sekaligus Mantan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Rizal Ramli. (Net/Foto)

MUDANEWS.COM, Jakarta – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan meminta agar pengkritik utang pemerintah untuk menemui dirinya. Dia pun meminta agar hal itu tidak hanya dibicarakan di media sosial saja.

“Jadi kalau ada yang mengkritik kita, kita juga pengin ketemu. Jadi jangan media sosial aja,” katanya dalam webinar Selasa lalu (2/6/2020).

Rupanya tantangan tersebut direspons oleh Ekonom senior Rizal Ramli. Mantan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman tersebut bersedia menjawab tantangan Luhut. Hal itu disampaikan oleh Koordinator Gerakan Indonesia Bersih (GIB) Adhie Massardi yang mewakili Rizal Ramli.

“Apa yang disampaikan oleh Bang Rizal ini dan akhirnya bersedia menjawab tantangan Luhut Pandjaitan,” kata dia di kawasan Tebet, Jakarta Selatan, Rabu (10/6/2020).

Dia melanjutkan bahwa Rizal Ramli tak melihat debat ini sebagai urusan personal dengan Luhut. Dirinya mempersilahkan agar para tim ekonomi pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ikut dalam debat ini.

“Bang Rizal minta nanti Pak Luhut itu didampingi oleh tim ekonominya, baik Menteri Keuangan Sri Mulyani, maupun Menko Ekonomi Airlangga Hartarto dan menteri-menteri yang lain yang dianggap menjadi bagian dari tim ekonomi. Sementara Bang Rizal cukup sendirian,” jelasnya.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Majelis Jaringan Aktivis Pro Demokrasi (ProDEM) Iwan Sumule mengatakan kesediaan Rizal Ramli menjawab tantangan debat Luhut berdasarkan permintaan pihaknya.

“Saya harus mencari siapa lawan yang patut untuk disandingkan dengan saudara Luhut Binsar Panjaitan. Nah pilihan itu kemudian menurut kami dari aktivis prodemokrasi, kami melihat bahwa Bang Rizal Ramli adalah sosok yang paling tepat untuk menghadapi, menjawab tantangan daripada Menko Investasi Saudara Luhut Pandjaitan,” jelasnya.

Rizal, kata dia juga ingin dalam debat tersebut dihadiri oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati.

“Kita tahu bahwa pertanggungjawaban sebenarnya persoalan soal utang negara itu ada di Menteri Keuangan. Nah ini kemudian kami sampaikan kepada Rizal Ramli berkali-kali, kami datang kepada Rizal Ramli untuk mendesak supaya menjawab tantangan itu dan akhirnya Bang Rizal Ramli menyatakan kesiapannya,” tambahnya.

Pihaknya pun akan menyampaikan pesan ke Kementerian yang dipimpin Luhut bahwa Rizal Ramli bersedia menjawab tantangan debat. Setelah itu tinggal menunggu konfirmasi dari pihak Luhut.

Sumber : detik.com