Bursa Dunia Melambat, IHSG dan Rupiah Menguat

Jika Tidak Ada Hambatan, Rupiah Akan Tembus Dibawah 14 Ribu pada Perdagangan Kamis
Gunawan Benjamin

MUDANEWS.COM, Medan – Kinerja indeks bursa global mulai melemah penguatannya belakangan ini. Tren penguatan bursa di dunia mulai melambat setelah mengalami kenaikan yang signifikan dalam beberapa pekan sebelumnya. Demikian juga IHSG, yang sebelumnya juga mengalami penguatan secara signifikan. Meski demikian tren penguatan IHSG masih berlanjut pada perdagangan hari ini.

Hal itu dijelaskan Analis Pasar Keuangan Gunawan Benjamin di Medan, Selasa (9/6/2020).

“IHSG dibuka menguat di level 5.087,27. Sejauh ini masih melanjutkan tren penguatan di kisaran level 5.100. Sementara itu, mata uang Rupiah diperdagangkan stabil di kisaran level 13.885 per US Dolar. Tren penguatan Rupiah juga seakan terhenti di level tersebut, meski demikian kinerja Rupiah menjadi salah satu mata uang dengan kinerja terbaik di Asia,” imbuhnya.

Banjirnya likuiditas pasar keuangan global seiring banyaknya stimulus, membuat arus dana asing yang masuk ke pasar keuangan itu jumlahnya sangat signifikan. Gelontoran stimulus yang masuk ke Indonesia, juga tidak terlepas dari buruknya kondisi pasar keuangan global, setelah terpukul akibat pandemic corona.

“Saya melihat derasnya arus investasi asing ini bisa keluar kapan saja. Pemerintah harus hati hati dalam mengelola dana asing tersebut. Sewaktu-waktu negara lain memiliki prospek pertumbuhan ekonomi yang membaik. Saya justru berkeyakinan bahwa potensi potensi pembalikan dana asing bakal terjadi, dan tekanan outflow dana asing ini bisa membuat tekanan terhadap Rupiah dan IHSG,” ujarnya. Berita Medan, Fahmi