GP Ansor Dairi, Bersama Warga Nahdliyin Doakan KH Maimun Zubair
Usai Kegiatan Warga Nahdliyin mengabadikan kegiatan dengan foto bersama (Foto: Dok. Ansor)

MUDANEWS.COM, Dairi – Warga Nahdliyin (sebutan untuk warga masyarakat yang berafiliasi atau sebagai anggota ormas Nahdlatul Ulama mauapun banomnya *Red) melaksanakan Yasinan dan Tahlilan teruntuk KH Maimun Zubair (Mutasyar PBNU).

Kegiatan tersebut dilaksanakan pada Jum’at (9/8/2019) pukul 20.00 Wib di Sekretariat GP Ansor Dairi yang beralamat di Jalan Empat Lima No 5 Sidikalang, Kelurahan Batang Beruh, Kabupaten Dairi, Provinsi Sumatera Utara.

Koordinator Kegiatan Selamat Bahagia Maha MSi, menjelaskan bahwa kegiatan tersebut diprakarsai dan difasilitasi oleh GP Ansor Dairi bersama dengan pengurus dan kader PC NU Dairi, Muslimat NU, Fatayat NU, Banser dan PMII.

“Kegiatan ini didedikasikan khusus kepada KH Maimun Zubair yang wafat pada hari Selasa (6/8/2019) yang lalu di Mekkah,” ungkap Maha.

Ketua GP Ansor Dairi, Kamidun Solin SPdI dalam sambutannya menyampaikan bahwa bangsa Indonesia sangat kehilangan KH Maimun Zubair. Seorang ulama kharismatik yang memadukan konsep nasionalisme-religius dalam mempertahankan Pancasila sebagai ideologi berbangsa dan bernegara.

GP Ansor Dairi, Bersama Warga Nahdliyin Doakan KH Maimun Zubair
Kegiatan Yasinan dan Tahlilan untuk KH Maimun Zubair

“Beliau itu Guru Bangsa, tidak hanya warga nahdliyin saja yang kehilangan tetapi seluruh masyarakat Indonesia,” ujar Kamidun.

Acara tersebut dihadiri Tuppak Padang SAg (Ketua PC NU Dairi), Ronoanto Sinaga SE (Komandan Banser), dari Muslimat NU diwakili oleh Juwita Gajah Manik SPd, sedangkan dari unsur Fatayat NU dihadiri E. Siregar SAg, tampak juga hadir pengurus sejumlah PAC GP Ansor berbagai kecamatan, seperti Sidikalang, Tigalingga, Sitinjo, Sumbul, Berampu, Lae Parira dan Tanah Pinem. Tak ketinggalan hadir juga dari unsur mahasiswa khususnya PMII (Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia) dihadiri sejumlah kader seperti Yusril, Indah Saputra, Saru Kudadiri, Anggun Bintang, Indra, dkk.

Acara berlangsung dengan khidmat yang dipandu langsung oleh tokoh NU Dairi, Ustaz H M Sanif Al-Banjari (Ka KUA Kecamatan Pegagan Hilir). “Indonesia ini ditakdirkan menjadi Darussalam, bukan Darul Islam,” ujar M Sanif Al-Banjari mengakhiri pengajian. Kegiatan ditutup dengan makan bersama dan silaturahmi. Berita Dairi, Safawi